Sukses

PM Najib Kaget Malaysia Airlines Ditembak Rudal di Ukraina

Malaysia Airlines mengonfirmasi pihaknya kehilangan kontak dengan pesawat MH17 pada Kamis 17 Juli waktu setempat.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Perdana Menteri Malaysia Najib Razak terkejut pesawat maskapai Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH17 ditembak jatuh oleh rudal di Ukraina.

"Saya kaget mendengar laporan bahwa pesawat MH kecelakaan," kicau @NajibRazak, Kamis (17/7/2014) waktu setempat. "Kami langsung lakukan investigasi."

Menurut laporan kantor berita Ukraina Interfax, MH17 jatuh ditembak di dekat Kota Donets, yang dikuasai pemberontak di Ukraina pada Kamis 17 Juli 2014 waktu setempat. Boeing 777 yang terbang dari Amsterdam menuju Kuala Lumpur itu dikabarkan terbakar dan jatuh di Ukraina. Ada 295 penumpang di dalam pesawat.

Malaysia Airlines mengonfirmasi pihaknya kehilangan kontak dengan MH17. Posisi terakhir burung besi pelat merah negeri jiran itu berada di wilayah udara Ukraina.

"Malaysia Airlines hilang kontak dengan MH17 dari Amsterdam. Posisi terakhir yang diketahui adalah di atas zona udara Ukraina," demikian pernyataan Malaysia Airlines.

Presiden Ukraina Petro Poroshenko membantah pihaknya menembak pesawat MH17. Pihak Pemberontak juga menepis pihaknya bertanggung jawab atas peristiwa tersebut.

Salah satu warga negara Indonesia (WNI) bernama Lili Yuliani. Lili yang tinggal di Eindhoven, Belanda sejak 1997 itu rencananya pulang ke Indonesia melalui Kuala Lumpur, Malaysia, untuk merayakan hari raya Idul Fitri di kampung halaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini