Sukses

Sekjen PBB Sepakat dengan SBY Hentikan Serangan Israel ke Gaza

Keduanya telah sepakat untuk mengutamakan dihentikannya aksi militer Israel yang sudah menewaskan lebih dari 200 warga Palestina.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Republik Indonesia terus melakukan diplomasi dalam upaya menjaga perdamaian dan penghentian serangan militer yang dilancarkan tentara Israel ke pemukiman warga Palestina di Jalur Gaza sejak beberapa hari lalu.

Salah satunya adalah, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) langsung menghubungi Sekjen PBB Ban Ki-moon untuk membicarakan konflik yang semakin memanas di Timur Tengah tersebut.

Menurut Menteri Luar Negeri RI, Marty Natalegawa, dalam pembicaraan melalui sambungan telepon yang dilakukan SBY dan Ban Ki-moon sekitar pukul 20.00 WIB malam tadi, keduanya telah sepakat untuk mengutamakan dihentikannya aksi militer Israel yang sudah menewaskan lebih dari 200 warga Palestina.

"Khususnya, aksi kekerasan militer oleh Israel terhadap wiliyah Gaza. Sekjen PBB dan Presiden sepakat yang harus diutamakan adalah penghentian aksi militer harus dilakukan, dan bantuan kemanusian harus diberikan," ujar Marty Natalegawa di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (16/7/2014) malam.

Ditambahkan Marty, Ban Ki-moon pun langsung mengapresiasi dorongan Pemerintah RI mengenai langkah yang harus ditempuh PBB untuk menghentikan konflik tertua yang ada di Timur Tengah itu.

"Sekjen PBB memberikan appreciate yang sangat dalam atas prihatian Presiden SBY. Bapak Presiden juga sampaikan dukungan penuh atas upaya-upaya Sekjen PBB dalam menghentikan kekerasan di Gaza," kata Marty Natalegawa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini