Sukses

Bantu Perangi ISIS, Iran Pasok Jet Tempur ke Irak

Seorang pengamat untuk Military Balance terbitan IISS meneliti video pesawat yang dikeluarkan pemerintah Irak.

Liputan6.com, London - Pemerintah Iran dikabarkan memasok jet tempur kepada Irak. Sejumlah bukti menyiratkan, kiriman pesawat itu untuk membantu mengatasi serangan pemberontak Sunni pimpinan kelompok berhaluan Islam (ISIS).

Seperti dilansir BBC, Rabu (2/7/2014) malam, Rusia memasok pengiriman pendahuluan pesawat hanya beberapa hari lalu. Hal ini seperti dilaporkan wartawan BBC Jonathan Marcus.

Namun pengamat di Institut Internasional Kajian Strategis (IISS) di London, Inggris, mengatakan pengiriman berikutnya pada 1 Juli 2014 berasal dari Iran. Joseph Dempsey, seorang pengamat untuk Military Balance terbitan IISS meneliti video pesawat yang dikeluarkan pemerintah Irak.

Dia mengatakan kepada BBC bahwa sebagian dari pesawat --jet 'Frogfoot' Sukhoi Su-25-- yang beroperasi di Irak memang berasal dari Iran.

"Berdasarkan analisis gambar. Ini adalah kesimpulan yang paling masuk akal. Tanda-tanda, angka seri dan kamuflase semuanya sesuai dengan apa yang diketahui sebagai bagian dari armada Iran," ujar Dempsey.

Ini berarti Amerika Serikat, yang juga mengirim pesawat ke Irak, bekerja sama dengan Iran dalam konflik ini.

AS menempatkan pesawat tak berawak dan helikopter ke Irak di samping secara aktif mengumpulkan intelijen tentang pergerakan Daulah Islam di Irak dan Suriah (ISIS). Pemerintah Washington juga memasok angkatan udara Irak dengan peluru kendali Hellfire.

Baca Juga:

Target ISIS Setelah Irak dan Suriah: Roma, Italia
Patung Rusak Saddam Hussein Ditawar Rp 119 M
Ekstremis ISIS Deklarasikan Kekhalifahan di Irak dan Suriah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini