Sukses

Kucing Cebol Nan Menggemaskan, Tingginya Cuma 12 Cm

Tubuhnya sama-sama berbulu bagus, tapi jika diperhatikan, ternyata ukuran tubuhnya berbeda dengan sejenisnya.

Liputan6.com, California - Tak ada yang aneh jika melihat sekilas kucing yang satu ini. Tubuhnya sama-sama berbulu bagus, tapi jika diperhatikan, ternyata ukuran tubuhnya berbeda dengan sejenisnya.

Tubuh kucing bernama Pixel ini cebol alias lebih kecil dari umumnya. Seperti diberitakan Daily Mail, Selasa (1/7/2014), mungkin nantinya bisa memecahkan rekor sebagai kucing terpendek di dunia.

Sang pemilik, Tiffani Kjeldergaard dari Potrero, California yakin bahwa Pixel memiliki tinggi tidak lebih dari 5 inci atau sekitar 12 cm.

Munchkin: Pixel the five-inch tall cat seen at the home of her owner Tiffani Kjeldergaard in Potrero, California

Sejauh ini  Pixel belum mendapatkan konfirmasi resmi dari Guinness terkait rekor kucing terpendek yang akan dipecahkannya. Namun jika diverifikasi, Pixel akan menyabet gelar kucing dewasa terpendek yang pernah ada. Lalu menggeser predikat yang dikantongo Cye, kucing jenis Napoleon Munchkin dari Kanada, yang tingginya 5.35 inci atau sekitar 13 cm.

Menurut Kjeldergaard dan Keluarganya, kucing Munchkin itu benar-benar lucu. dan menggemaskan.

"Bahkan orang-orang yang tidak suka kucing mengatakan Pixel sangat lucu, sehingga mereka ingin membawanya pulang," kata Kjeldergaard.

Jenis kucing cebol Munchkin yang telah diakui oleh The International Cat Association pada tahun 1995 ini, memiliki ciri kaki yang pendek akibat mutasi genetik yang terjadi secara alami.

Awalnya kehadiran mereka menuai kontroversi. Beberapa kritikus menyuarakan keprihatinan atas masalah kesehatan yang dialami kucing jenis Munchkin. Tapi Kjeldergaard menepis kekhawatiran tersebut.

"Orang-orang yang tidak mengerti gen menganggapnya sebagai cacat genetik atau mutasi atau sesuatu dari kekejian,"urai Kjeldergaard.

Namun, dia mengakui kucing cebol seperti itu bisa menyebabkan masalah di sekitar rumah.

"Kau tidak bisa meninggalkan pintu terbuka atau pintu kulkas menutup terlalu cepat, karena salah satu dari mereka mungkin telah menyelinap di bawah pintu dan membuat kepala mereka terjebak di dalamnya," papar Kjeldergaard.

"Kita harus bergerak dan berjalan dengan sangat lambat, sehingga tidak menginjak siapa pun. Setiap orang pasti telah menginjak atau menendang kucing itu sekali. Itulah yang terjadi di rumah kucing Munchkin," ungkap Kjeldergaard.

Kini Kjeldergaard sedang menunggu verifikasi dari Guinness World Record, sebelum memverifikasi tinggi Pixel untuk dicatatkan pada buku rekor itu. Jika memenuhi syarat, maka Pixel akan mengikuti tradisi keluarga, seperti induknya Fizz Girl, yang memencahkan rekor serupa tahun 2012. Dengan tinggi tubuh dari kaki ke bahu mencapai 6 inci atau 15 cm. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini