Sukses

Bom 30 Kg Peninggalan Perang Dunia II Ditemukan di Malaysia

Bom sebesar 13 inci yang ditemukan pekerja itu, berbentuk peluru dengan diameter 21-inch. Beratnya sekitar 30 kilogram.

Liputan6.com, Tawau: Bom peninggalan Perang Dunia (PD) II ditemukan di Malaysia. Penemuan menghebohkan itu pertama kali diketahui seorang pekerja konstruksi.

"Ia tersandung sebuah bom kuno, diyakini berasal dari Perang Dunia II, ketika membersihkan area di lokasi konstruksi Hill Top Specialist Hospital pada Senin 23 Juni," demikian seperti dikutip dari The Star, Selasa (23/6/2014).

Kepala polisi Tawau ACP Awang Besar Dullah menguraikan, pekerja itu menemukan bom sekitar pukul 13.45. Lalu ia menunjukkan kepada manajer tempatnya bekerja, dan polisi pun dipanggil ke lokasi konstruksi itu.

Bom sebesar 13 inci yang ditemukan pekerja itu, berbentuk peluru dengan diameter 21-inch. Beratnya sekitar 30 kilogram.

Bom itu kemudian diledakkan dengan aman oleh regu penjinak bom sekitar pukul 16.38. Sebelumnya bom yang diyakini kuat berasal dari era PD II juga pernah ditemukan pada April, di pabrik besi di Bangkok, Thailand. Bom berkekuatan besar itu meledak, menyebabkan 7 orang tewas dan 19 lainnya luka-luka.

Otoritas setempat mengatakan, bom seberat 550 pon atau 225 kilogram awalnya ditemukan oleh seorang pekerja bangunan di sebuah tempat konstruksi proyek yang sedang dibangun. Pekerja itu mengira bom tersebut sudah tidak aktif. Jadi dia mengambil dan menjualnya kepada pedagang besi tua. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini