Sukses

Jumlah Pengungsi Dunia Mencapai Angka Tertinggi

Jumlah itu melonjak dibanding sebelumnya dengan konflik Suriah, Afrika Tengah, dan Sudan Selatan, yang menyulut peningkatan tajam.

Liputan6.com, Jakarta - Badan PBB untuk urusan pengungsi UNHCR mengatakan jumlah pengungsi dunia tahun 2013 mencapai 51,2 juta orang. Angka ini diklaim sebagai yang tertinggi sejak Perang Dunia II.

Menurut laporan UNHCR, jumlah itu melonjak 6 juta dibanding setahun sebelumnya dengan konflik Suriah, Afrika Tengah, dan Sudan Selatan, yang menyulut peningkatan tajam.

"Konflik berkembang dan menyebar, lebih banyak dan lebih banyak lagi. Dan pada saat yang sama konflik lama tampaknya tidak selesai," kata Direktur UNHCR, Antonio Guterres seperti dikutip dari BBC, Sabtu (21/6/2014).

Dia menambahkan, peningkatan tersebut merupakan tantangan yang sangat berat bagi UNHCR. Yang paling tragis adalah sekitar 6,3 juta sudah menjadi pengungsi selama bertahun-tahun atau puluhan tahun, yang digambarkan PBB sebagai berlarut-larut.

Di sepanjang perbatasan Thailand-Burma, sekitar 120 ribu warga minoritas Karen tinggal di kamp-kamp pengungsi selama lebih dari 20 tahun.

Afghanistan Tertinggi

Sementara konflik di Suriah menyebabkan 6,5 juta orang terpaksa pengungsi di dalam negeri. Sedangkan lebih dari 2,5 juta warga Afghanistan juga jadi pengungsi bertahun-tahun.

Afghanistan merupakan negara dengan angka pengungsian tertinggi. Sementara tetangganya Pakistan adalah negara penampungan pengungsi terbesar, sekitar 1,6 juta orang.

UNHCR mengakui sebagian kamp telah menjadi seperti permukiman permanen dengan sekolah, rumah sakit, dan juga kegiatan bisnis sendiri. Tetapi para pengungsi tidak punya dan tidak akan pernah bisa punya rumah. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.