Sukses

Siapa Leonardo da Vinci? Bintang Film Titanic

Tak hanya anak-anak yang tak tahu. Orang dewasa yang disurvei mengira penjelajah Venesia, Marco Polo adalah perancang busana.

Liputan6.com, London - Bandara-bandara di dunia seringkali dinamai untuk menghormati tokoh-tokoh terkenal dan menghargai pencapaian mereka. Namun survei membuktikan, mayoritas anak-anak tak mengetahui siapa mereka.

Sebuah survei dilakukan British Airways terhadap 2.000 orang dewasa dan anak-anak di London, Inggris, tentang pengetahuan mereka soal bandara. Hasilnya, para bocah hanya mengenal 40 persen nama-nama tokoh yang dijadikan nama bandara. Sementara, meski orang dewasa memiliki 70 persen tingkat keberhasilan, mereka memeras otak untuk menebak sejarah nama bandara di sejumlah destinasi populer.

Penelitian menunjukkan, 1 dari 10 anak yang ditanya mengira, mantan Presiden Amerika Serikat Ronald Reagan adalah Ronald McDonald -- maskot restoran waralaba terkenal. Mereka juga menebak, legenda sepakbola Georgie Best -- yang dijadikan nama bandara di Belfast, Irlandia -- adalah Raja Inggris.

Sementara, 11 persen para bocah yakin, JFK (John F Kennedy) adalah pelaut terkenal. Hanya 16 persen yang mengenali Pat McCarran, politisi yang namanya diabadikan dalam bandara di Las Vegas. Dan hanya 15 persen yang tahu bahwa Bandara Sydney mengambil nama penerbang Australia, Charles Knutsford-Smith.

Tak hanya anak-anak yang tahu, 10 persen orang dewasa yang disurvei juga mengira penjelajah Venesia, Marco Polo adalah perancang busana. Sementara 3 persen menebak Leonardo da Vinci adalah bintang film 'Titanic' -- yang dibintangi Leonardo Dicaprio, kemudian 2 persen menduga Mother Teresa adalah pembuat situs Mumsnet.

Para bocah lebih mengenal Harry Styles, penyanyi One Direction -- 72 persen tepat menebaknya. Sebaliknya, 10 persen dari mereka berpikir bahwa Leonardo da Vinci adalah bintang film hits Titanic, Christopher Columbus adalah astrolog terkenal. dan Mother Teresa sebagai nama asli ibu suri Inggris.

Ada lagi yang mengira mantan Perdana Menteri India Rajiv Gandhi adalah karakter Disney. Sementara, Presiden Barbadosm Grantley Adams adalah nama asli Rihanna -- si penyanyi.

"Kami terkejut saat mengetahui, sejumlah destinasi populer seperti McCarran International Las Vegas, Bandara O’Harem Chicago, dan Bandara Grantley Adam Barbados tidak dikenali latar belakangnya. Kami berharap penelitian ini akan meningkatkan kesadaran bahwa bandara-bandara dinamai berdasarkan tokoh-tokoh hebat," kata Claire Bentley, direktur British Airways Holidays, seperti Liputan6.com kutip dari Daily Mail, Jumat (13/6/2014).

Siapa Einstein? Saudara Frankenstein!

Survei serupa yang dilakukan pada 2010 lalu juga mengungkap betapa anak-anak tak tahu fakta-fakta sejarah atau sains. Otak mereka dijejali informasi soal selebritis dan hal remeh-temeh.

Hasil penelitian yang dilakukan pada 2.000 anak sekolah di Inggris sangat mengkhawatirkan.  Satu dari lima anak yang disurvei percaya bahwa tokoh kartun Toy Story, Buzz Lightyear, adalah manusia pertama yang menjejakkan kakinya ke Bulan. Bukan astronot Neil Amstrong.

Sebanyak 11 persen anak pikir Isaac Newton adalah penemu api dan Albert Einstein adalah saudara monster, Frankenstein.

Secara visual, tak kalah payahnya. Satu dari enam anak saat itu gagal mengidentifikasi foto Presiden Amerika Serikat, Barack Obama. Anak-anak mengira Obama sebagai Mr T dari A-Team atau pembalap F1, Lewis Hamilton. Bahkan ada yang menjawab, "Itu foto Nelson Mandela."

Yang menakutkan mereka lebih paham dunia selebritis dan showbiz. Sebanyak 65 persen anak tahu persis Britney Spears pernah menggunduli rambutnya, dan 55 persen tahu bahwa model, Jordan menikah dua kali. Duh... (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.