Sukses

Tanggapan Roy Suryo ke Ahok: Kemenpora Tak Hambat Pembangunan MRT

Ahok sebelumnya meminta Roy Suryo segera memberi izin kepada Pemprov DKI untuk melakukan pembongkaran Stadion Lebak Bulus.

Liputan6.com, Solo - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo menampik tudingan dari Plt Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang menganggap Kemenpora menghambat pembongkaran Stadion Lebak Bulus untuk depo atau stasiun Mass Rapid Transit.

"Sama sekali dari Kemenpora tidak ada upaya untuk menghambat pembangunan dari prasarana  yang ada hubungannya  dengan Stadion Lebak Bulus," kata Roy Suryo di Solo pada Jumat 6 Juni 2014 malam.

Lebih lanjut Roy mengungkapkan bahwa adanya pengalihan fungsi kompleks olahraga harus disertai dengan izin. Karena pihaknya tidak secara serta merta langsung menghilangkan fasilitas olahraga tersebut. Oleh sebab itu, Kemenpora pun menyambut baik adanya penggantian lahan oleh Pemprov DKI, yakni lahan Taman BMW.

"Harus berhati-hati, kami tidak mau gantinya masih ternyata lahan yang masih bermasalah. Minggu depan saya akan membuka semuanya bahwa sebenarnya justru ada pihak yang harus introspeksi dan koreksi," tegas Roy Suryo.

Dia menjelaskan, lahan yang akan menjadi pengganti kompleks olahraga Stadion Lebak Bulus sudah harus memenuhi semua syarat perizinan. Sebab, dengan adanya alih fungsi tersebut diharapkan tidak menghilangkan sarana olahraga yang pernah ada.

"Kalaupun mau digantikan dengan yang lebih baik, kita sangat bersyukur. Cuma pengganti yang lebih baik itu harus memenuhi semua persyaratan. Yang tidak kemudian ada sertifikat yang bodong maupun proses yang belum selesai," ucapnya.

Untuk itu, pihak Kemenpora meminta kepada Pemprov DKI Jakarta untuk memberikan salinan sertifikat kepemilikan lahan Taman BMW. Dengan cara seperti itu maka Menpora akan berani mengeluarkan rekomendasi alih fungsi Stadion Lebak Bulus ke Taman BMW.

Ahok sebelumnya meminta Roy Suryo segera memberi izin kepada Pemprov DKI untuk melakukan pembongkaran Stadion Lebak Bulus, Jakarta Selatan, di lahan eks Stadion Lebak Bulus akan dijadikan sebagai depo dan stasiun transportasi massal berbasis rel subway Mass Rapid Transit (MRT). "Kami masih menunggu izin dari Menpora," ujar Ahok.

Menurut Ahok, Menpora Roy Suryo baru akan memberi rekomendasi apabila groundbreaking Stadion BMW telah dilakukan. Stadion BMW di Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, merupakan pengganti Stadion Lebak Bulus.

"Menpora (masih) menunggu groundbreaking di Taman BMW. Sudahlah, mendingan langsung diberi rekomendasi, biar langsung dibongkar," tandas Ahok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini