Sukses

Pendaki Asal Tegal Dilaporkan Hilang di Semeru

Pendaki tersebut diperkirakan tersesat saat turun dari puncak Mahameru menuju Kalimati.

Liputan6.com, Malang - Aziz Aminudin, pendaki asal Tegal, Jawa Tengah, dilaporkan hilang di Gunung Semeru sejak Senin 2 Juni lalu. Pihak Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) telah menerjunkan tim untuk mencari pendaki tersebut.

Kepala BB TNBTS Ayu Dewi Utari menjelaskan, pihaknya telah menerjunkan tim advance. Mereka terdiri dari tim SAR Lumajang dan petugas TNBTS serta relawan.

"Pencarian dilakukan sejak pagi tadi, sampai saat ini terus dalam proses pencarian," kata Ayu saat dikonfirmasi di Malang, Jawa Timur, Rabu (4/6/2014).

Dari keterangan yang dihimpun Liputan6.com, rombongan Aziz berjumlah 6 orang. Rombongan tersebut mendirikan kemah di Kalimati. Mereka menuju puncak Mahameru pada 2 Juni.

Namun saat rombongan lain telah turun dari puncak Mahameru dan tiba di Kalimati, Aziz tak kunjung tiba. Hilangnya Aziz ini kemudian dilaporkan ke petugas Pos Ranupani pada Selasa 3 Juni silam.

Pencarian Aziz dilakukan di antara Kalimati-puncak Mahameru. Sebab, Aziz diperkirakan tersesat saat turun dari puncak menuju Kalimati. "Semoga cepat ditemukan," ucap Ayu.

Gunung tertinggi di Pulau Jawa itu baru dibuka untuk pendakian pada awal Mei lalu setelah beberapa bulan ditutup. Pihak BB TNBTS sendiri membatasi pendakian gunung berketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) itu hingga di Kalimati. Hal itu sesuai rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.