Sukses

Prabowo Minta Tidak Ada Kecurangan

Ia mengingatkan bahwa pencak silat mengajarkan nilai-nilai luhur, nilai-nilai pendekar.

Liputan6.com, Jakarta - Capres Partai Gerindra Prabowo Subianto membakar semangat para peserta Kejurnas Pencak Silat di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta, agar tidak curang saat bertanding.

"Laksanakan kejuaraan ini dengan jiwa bersih, jangan lanjutkan sifat-sifat curang. Budaya pencak silat kita tidak seperti itu, jangan menipu, taktik boleh, tapi curang jangan," kata Prabowo dalam sambutannya, Minggu (11/5/2014).

Ia pun mengingatkan agar generasi muda untuk memelihara budaya pencak silat sebagai warisan bangsa. Karena itu dia menegaskan, jadikan Indonesia sebagai bangsa yang berani, bangsa yang tegar.

"Pribadi-pribadi yang bersih, gagah, berani, tidak gentar menghadapi segala bahaya dan tantangan. Pencak silat mendidik anak-anak bangsa untuk percaya diri. Percaya dengan bangsa sendiri, percaya kekuatan sendiri, tidak takut dengan bangsa lain," ungkap Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) itu.

Prabowo mengingatkan, pencak silat mengajarkan nilai-nilai luhur, nilai-nilai pendekar. "Pendekar itu jujur, tidak akan jadi koruptor, pendekar itu membela rakyat yang lemah. Ingat anggota pencak silat, harus membela mereka yang lemah, tidak berdaya, mereka yang dalam kesusahan," tegas dia.

Acara yang berlangsung 11 Mei-16 Mei 2014 itu diikuti peserta dari 34 propinsi. Berbagai atraksi seperti marching band dan lagu disuguhkan sebelum Prabowo memberikan sambutan di acara pembukaan.

"Prabowo siapa yang punya? Prabowo siapa yang punya? Yang punya Pencak Silat," demikian para hadirin bernyanyi.

Hadir dalam pembukaan kejurnas ini di antaranya Ketua KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman dan Wakil Ketua PB IPSI Mayjen (Purn) Nachrowi Ramli. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini