Sukses

Rahasia Jadi Pria Tertua Sedunia: Tak Punya Anak

Supercentenarian baru ini gemar makan ikan dan ayam.

Liputan6.com, New York - Seorang pria asal New York, Amerika Serikat bernama Alexander Imich menjadi orang baru sebagai pria tertua dunia pekan ini. Ia menjadi supercentenarian -- manusia yang usianya lebih dari 110 tahun -- baru.

Sepeti dimuat News.com.au, Rabu (7/5/2014), Alexander lahir di Polandia pada 4 Februari 1903. Sehingga saat ini, usianya 111 tahun 3 bulan.

Dia menjadi yang tertua setelah lelaki tertua sebelumnya, Arturo Licata asal Italia meninggal dunia pada 1 pekan sebelum ulang tahunnya yang ke-112.

Alexander merupakan seorang profesor yang ahli di bidang Kimia. Ia awalnya tinggal di Polandia, kemudian bermigrasi ke Connecticut, Amerika Serikat pada 1951, bersama istrinya, Wela.

Ia kemudian pindah ke West Side, Manhattan, beberapa hari setelah sang istri meninggal pada 1986. Kini ia menghabiskan sisa-sisa hidupnya di New York.

Alexander mengungkapkan, rahasia panjang umurnya adalah dengan makan secara teratur dan sering mengonsumsi ikan dan ayam. Semasa muda, ia juga gemar berenang dan mengikuti senam.

Hal lain yang ia yakini telah membuatnya panjang umur adalah tak punya anak. "Hal itu yang bikin saya bisa mencapai usia segini."

Selain Alexander sebagai pria tertua dunia, ada Taipe Mendoze yang jadi orang baru sebagai wanita tertua sedunia dengan usia 166 tahun.

Taipe yang lahir pada 20 Desember 1897 ini menjadi yang tertua lantaran usianya lebih tua 3 bulan dari Misao Okawa, perempuan tertua yang dinobatkan Guinness World Records. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.