Sukses

Fans Peringati 4 Mei Sebagai Hari Star Wars

Ungkapan May the Force Be With You yang bertepatan tanggal 4 Mei menjadi May the Fourth The Be With You.

Liputan6.com, Jakarta Para penggemar Star Wars di seluruh dunia memperingati Hari Star Wars setiap tanggal 4 Mei. Termasuk di Jakarta yang menggelar acara Star Wars Weekend Jakarta 2014.

Acara  Star Wars Weekend Jakarta 2014 berlangsung 3-4 Mei 2014 di pusat perbelanjaan Kuningan City lantai 3 dan 4.  Perhelatan ini diadakan oleh klub penggemar Star Wars, Orde 66 S.I.T.H - Star Wars Indonesian Troopers Home-base Indonesia.

Acara yang berlangsung selama akhir pekan ini dibuka sejak pukul 10.00 hingga 22.00 WIB. Untuk masuk ke acara ini, tiket dapat diperoleh dengan harga Rp. 20.000 per orang untuk satu hari acara.

Kenapa peringatan Hari Star Wars tanggal 4 Mei?

Ceritanya ini dilatabelakangi oleh sebuah iklan pada 4 Mei 1979 yang berisi ucapan selamat pada Margaret Thatcher atas terpilihnya ia sebagai Perdana Mentri Inggris. Ucapannya memakai ungkapan khas Star Wars yakni May the Force Be With You.

Ungkapan iklan May the Force Be With You itu yang bertepatan tanggal 4 Mei tersebut lalu menjadi May the Fourth The Be With You.

Tak harus merupakan fans Star Wars untuk datang ke acara ini. Berbagai kegiatan yang berlangsung di acara ini dapat Anda nikmati tanpa harus memiliki pengetahuan mendalam mengenai film yang seri pertamanya rilis tahun 1977 besutan sutradara Amerika, George Lucas. Dengan menghadiri acara ini, Anda akan punya pengenalan lebih tentang Star Wars selain tentunya menikmati kegiatan-kegiatan yang diadakan.

Seperti halnya Harin, seorang ibu yang datang bersama suami dan anak laki-laki kecilnya. Harin mengatakan bahwa ia dan keluarga datang ke Kuningan City khusus untuk melihat acara ini. Ibu yang mengaku sudah menonton Star Wars sejak kecil ini mengajak anaknya hanya untuk bersenang-senang.

Pengunjung lain bernama Fauzi juga datang bersama sanak saudaranya. Remaja putra ini menyatakan bahwa ia suka dengan film-film Star Wars seri awal. “Mainan-mainan yang dipamerkan bagus. Semoga acara ini di masa mendatang bisa menghadirkan suasana Star Wars yang lebih intens,” ucap pemuda yang menyukai karakter Sand Troopers di film Star Wars.

Film Star Wars berkisah seputar pertentangan antara ordo Jedi dan ordo Sith pada sebuah latar bernama Galactic Republik di masa lampau. Kedua ordo ini mengambil jalan berbeda dalam menggunakan Force (energi alam semesta).



Ordo Sith fokus pada sisi negatif dari force sementara ordo Jedi berjuang melawan kejahatan ordo Sith dengan memanfaatkan sisi positif dari force. Senjata yang digunakan oleh ordo Jedi adalah lightsaber yang berbentuk tongkat panjang menyala. Salah satu musuh yang dilawan oleh ordo Jedi adalah Darth Vader yang merupakan karakter sangat terkenal dari film Star Wars.

Aryo Gono (501st Legion Indonesia) dan Riza Satya Graha (Order 66 S.I.T.H - Star Wars Indonesian Troopers Home-base) pada konferensi Pers Star Wars Weekend Jakarta mengatakan bahwa klub-klub penggemar Star Wars sudah mulai merencanakan kegiatan-kegiatan. Yang pasti bahwa klub-klub itu akan mengadakan acara nonton bareng Star Wars Episode 7.

“Para penggemar Star Wars pastinya penasaran dengan seri terbaru film Star Wars dan gembira akan berita mengenai kehadiran film tersebut. Namun kami juga khawatir kalau film terbaru nanti tak seberkesan film-film sebelumnya mengingat kali ini George Lucas tak mengambil peran sebagai sutradara atau produser namun sebagai creative consultant,” ucap Aryo Gono yang menjawab ragu saat ditanya tentang eksistensi Force. (Bio/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.