Sukses

Tak Pernah Minum Soft Drinks, Wanita Ini Capai Usia 116 Tahun

Taipe Mendoze justru tetap segar bugar pada usianya yang sudah menginjak 116 tahun.

Liputan6.com, Lima - Hidup dalam kemiskinan di pegunungan tak mempengaruhi usia wanita ini. Taipe Mendoze justru tetap segar bugar di usianya yang sudah menginjak 116 tahun. Dia mengklaim dirinya sebagai wanita tertua di dunia.

Taipe lahir pada 20 Desember 1897 memang diketahui telah melampaui umur Misao Okawa, perempuan Jepang yang dinobatkan Guinness World Records dan Gerontology Research Group Amerika Serikat sebagai yang tertua sedunia. Usia Taipe lebih tua 3 bulan dengan Misao yang lahir pada 5 Maret 1898.

"Saya bukan manusia abad lalu, jiwa saya masih muda. Tapi memang usia saya sudah tua," demikian pernyataan resmi dari Kementerian Sosial Peru, menirukan ucapan Taipe, seperti dimuat News.com.au, Sabtu (3/5/2014).

Dijelaskan, Taipe sudah menjanda pada usia yang masih muda. Tak disebutkan alasan ia menjanda. Ia berjuang keras untuk menghidupi 9 anaknya. Namun sekarang, hanya 3 ada anaknya yang masih hidup.

"Hidupku sejak muda penuh perjuangan. Tapi saya kini tetap muda. Saya berharap masih punya gigi," ujar Taipe, yang ditirukan Kementerian Sosial.

Dia juga mengungkap rahasia panjang umurnya, "Rahasianya diet secara alami. Saya selalu makan kentang, daging kambing, susu domba, dan kacang-kacangan. Semuanya yang saya makan berasal dari kebun. Saya tak pernah minum soft drinks," ujar Taipe.

Sementara menurut Misao yang kini resmi jadi wanita tertua, berbagi rahasia memiliki umur panjang. "Makan, tidur, dan Anda akan hidup lebih lama. Anda juga harus belajar untuk lebih bersantai menikmati hidup," ungkap Misao.

Seperti dilaporkan Huffingtonpost, cara hidup tersebut juga dipraktikkan para tetua di Hainan, China. Kabarnya, ada lebih dari 200 penduduk Hainan yang berusia lebih dari 100 tahun. 3 Lansia di antaranya dilaporkan masuk kategori "supercentenarians" atau orang yang berusia lebih dari 110 tahun.

Salah satunya Li Aizhu yang tercatat lahir pada tahun 1900. Ada juga mendiang Besse Cooper, yang pernah merayakan ultah ke-116 pada 26 Agustus 2012. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.