Sukses

Bakar Diri, Pria India Lalu Peluk Politisi Saat Acara Debat

Ia tba-tiba muncul dari kerumunan sekitar 150 penonton, menyiram dirinya dengan bensin.

Liputan6.com, New Delhi - Insiden mengerikan terjadi saat acara debat di televisi di India utara. Sebab tiba-tiba saja seorang penonton membakar dirinya dan mencoba untuk memeluk seorang politisi lokal.

"Kedua pria itu berjuang untuk hidup mereka," kata polisi seperti dimuat Channel News Asia, Rabu (30/4/2014).

Saluran TV Nasional Doordarshan milik negara itu sedang melakukan tapping debat politisi di sebuah taman pada Senin 28 April di Sultanpur. Sebuah kota sekitar 160 kilometer dari Kota Lucknow.

Pria yang nekat membakar dirinya diidentifikasi sebagai Durgesh Kumar Singh. Ia tiba-tiba muncul dari kerumunan sekitar 150 penonton, menyiram dirinya dengan bensin, lalu memeluk pemimpin lokal dari Partai Bahujan Samaj, Kamruzzama Fauji.

"Orang ini tiba-tiba di atas panggung, menuangkan bensin pada dirinya sendiri dan membakar diri sebelum memeluk erat salah satu tamu politik," ungkap fotografer lokal Pankaj Kumar Gupta.

"Orang-orang terlalu terkejut menyaksikan itu," kata Gupta yang menunjukkan foto pria dilahap api dengan penonton berhamburan.

Singh mengalami luka bakar 95 persen pada tubuhnya, dokter mengatakan kemungkinan akan berakibat fatal pada dirinya.

"Sementara Fauji berada dalam kondisi kritis dengan luka bakar 75 persen," kata polisi.

Dua politisi lokal lain yang tampil dalam acara itu, Ram Kumar Singh dan Chowdhary Hriday Ram Verma juga mengalami luka bakar ringan. Keduanya mencoba menyelamatkan Singh dan Fauji dari kobaran api.

"Korban luka pertama kali dirawat di rumah sakit distrik di sini (di Sultanpur), dan kemudian dirujuk ke Lucknow," jelas polisi dalam sebuah pernyataannya.

Fotografer Gupta mengungkapkan, acara debat bertajuk Janmanch 2014 atau Forum Rakyat 2014 yang menampilkan 5 politisi lokal segera berakhir ketika pria itu tiba-tiba muncul.

"Dalam beberapa menit, tim Doordarshan menutup kamera dan mengemas semua peralatan mereka lalu melarikan diri," ucap Gupta.

Sejauh ini, motif pembakaran diri itu belum diketahui.

DN Moghe, pejabat Doordarshan di Lucknow menggambarkannya insiden itu sebagai sesuatu yang mengejutkan.

"Ini adalah peristiwa yang menyedihkan dan mengejutkan selama debat roadshow kami, yang formatnya mirip dengan saluran berita lain selama musim pemilu ini," ujar Moghe.

"Alasan mengapa pria itu membakar diri sedang diselidiki oleh pihak berwenang," tambahnya.

Debat politik di ruang terbuka seperti di taman kota atau desa, memang kerap dilakukan selama pemilu legislatif berlangsung.

Pemilu India yang disebut-sebut sebagai yang terbesar di dunia, berlangsung bertahap hingga 12 Mei. Dengan hasil yang diperkirakan rampung pada 16 Mei. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.