Sukses

Edhie Purwanto si Pemutus Mata Rantai Hepatitis B

Edhie Purwanto, berkeliling Jakarta, berbagi pengetahuan tentang penyakit hepatitis B kepada masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - 1,2 milyar orang diseluruh dunia terinfeksi hepatitis B, sebanyak 25 juta orang diantaranya warga Indonesia, artinya 9,4 persen atau 1 dari 10 orang Indonesia terinfeksi virus hepatitis B.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (27/4/2014), 2 minggu sekali Edhie Purwanto, berkeliling Jakarta, berbagi pengetahuan tentang penyakit hepatitis B kepada masyarakat.

Edhie bukanlah dokter, bukan pula konglomerat kelas kakap. Ia adalah penderita yang peduli dan ingin memutus mata rantai penyebaran virus melalui imunisasi yang diberikannya cuma-cuma.

Meski tubuhnya tak boleh lelah, pria kelahiran 10 September 1965 ini tak segan keluar masuk kampung, mencari anak-anak yang rentan hepatitis sambil memberikan penjelasan kepada orangtua mereka.

Yayasan Budi Lukmanto, diambil dari nama sang kakak yang meninggal akibat hepatitis. Melalui yayasan milik Edhie ini, sejak 2009 sudah hampir 900 anak diimunisasi, baik di Jakarta maupun di kota-kota lain seperti Aceh, Batam dan Lampung.

Para penghuni panti asuhan juga tak luput dari perhatian bapak 3 anak ini. Imunisasi hepatitis B dilakukan 3 kali dalam jangka 6 bulan, ditambah 2 kali tes darah sebelum dan sesudah untuk melihat kekebalan yang terbentuk.

Disela-sela kesibukannya, Edhie Purwanto, juga mengelola milis B survivor yang siap mencarikan solusi bagi penderita hepatitis di seluruh negeri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini