Sukses

3 Jasad Terjebak di Kabin Kapal Sewol Korsel

40 penyelamat rencananya akan dikerahkan ke dalam kabin kapal yang kini berada di dalam laut untuk mengevakuasi ketiga mayat itu.

Liputan6.com, Seoul- Pencarian terhadap ratusan penumpang kapal Sewol Korea Selatan (Korsel) yang menghilang terus dilakukan di perairan lepas pantai Negeri Ginseng.

Kabar terbaru, tim pencari menemukan 3 jasad di dalam kabin kapal yang karam. Ketiga mayat itu terjebak di sana. Dan tim penyelamat sejauh ini belum bisa mengevakuasinya.

Seperti dimuat CNN, Sabtu (19/4/2014), sekitar 40 penyelamat rencananya akan dikerahkan ke dalam kabin kapal yang kini berada di dalam laut untuk mengevakuasi ketiga mayat itu. "Para penyelam akan kembali ke bagian dek ketiga, letak mayat itu ditemukan," ujar petugas di pesisir Korsel.

Kapal tenggelam pada Rabu 16 April 2014 waktu setempat. Ferry jurusan Incheon-Jeju bermuatan sekitar 460 orang itu tenggelam di tengah perjalanan, lepas pantai Korsel. Sebagian besar penumpang adalah murid SMA yang tengah berwisata.

Saat ini, jumlah korban tewas mencapai 29 orang. Sedangkan 270 penumpang lainnya hilang. Berdasarkan penyelidikan sementara, kapal Sewol tenggelam lantaran kelalaian dari kru kapal, sistem pergudangan kargo, dan struktural kapal yang cacat.

Atas hal itu, kapten bersama 2 awak kapal kini ditangkap karena dinilai bersalah atas tenggelamnya kapal dan jatuhnya korban jiwa. Sang kapten dinilai terlambat memberikan perintah evakuasi dan diduga kabur.

Mereka terancam hukuman seumur hidup atas dakwaan meninggalkan kapal, kelalaian, menyebabkan orang lain cedera, tidak mencari penyelamatan dari kapal lain, dan melanggar hukum maritim.

"Lee didakwa dengan menyebabkan Kapal Sewol tenggelam dengan tidak memperlambat saat berlayar di rute yang sempit dan berbelok secara berlebihan," kata jaksa Lee Bong-chang, kepada kantor berita Korsel Yonhap. (Muhammad Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini