Sukses

Jokowi Curhat Susahnya Rayu Warga Tinggal di Kampung Deret

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo kembali meresmikan kampung deret di Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo kembali meresmikan kampung deret di Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur. Sebelumnya pria yang kerap disapa Jokowi ini meresmikan Kampung Deret Petogogan dan Kampung Deret Kali Anyar Tambora.

Sebelum meresmikan 97 rumah di kampung deret tersebut, Jokowi lebih dulu memberikan sambutan singkat di hadapan para warga yang baru menempati rumah barunya. Dalam sambutannya, Jokowi menceritakan bagaimana sulitnya ia merayu warga yang wilayahnya akan dijadikan kampung deret. Sebagian besar dari mereka, kata Jokowi awalnya menolak saat rumahnya akan 'disulap menjadi rumah deret.

Padahal, bila pemukiman padat yang saat itu ditempati diubah menjadi kampung deret, selain akan mendapatkan dana untuk merenovasi rumahnya masing-masing, warga juga mendapatkan uang yang jumlahnya rata-rata sebesar Rp 54 juta.

"Terakhir di Petogogan, ada 3 ibu-ibu yang nggak setuju, ini mau dibangunin lho, diberi uang. Begitu dibangun, dilihat rumahnya bagus, yang 3 itu langsung minta, pak kita kapan?" kata Jokowi. Mendengar ucapan ini pun warga yang hadir tertawa lepas.

Jokowi pun dengan enteng mengatakan tetap akan membangun rumah ketiga ibu tersebut. "Ya, tahun depan, kalau nggak lupa," sambung Jokowi disertai tawa warga yang mendengar sambutan Jokowi itu.

Selain curhat mengenai perilaku warga, Jokowi juga menceritakan bagaimana kondisi lingkungan warga yang awalnya kumuh dan kotor, setelah dijadikan sebagai kampung deret, kondisi lingkungannya berubah total menjadi bersih dan sehat. Salah satu lokasi kampung deret yang dicontohkan oleh Jokowi adalah kampung deret Kali Anyar, Tambora, Jakarta Barat.

"Di sana kampung padat. Gangnya sempit, cuma setengah meter, saya yang kurus saja susah masuk, apalagi yang gemuk. Sekarang gangnya sudah dilebarkan, ditambah satu meter, longgar. Anak-anak-anak juga kalau mau lari-larian enak banget," ucap Jokowi.

Setelah menceritakan proyek andalannya tersebut, capres PDIP itu kemudian meresmikan kampung deret yang bertempat di RT 9-10-11 di kawasan RW 2, Cipinang Besar Selatan itu dengan mengetuk pengeras suaranya sebanyak 3 kali.

"Dengan mengucap bismillah, kampung deret Cipinang Besar, Jatinegara, hari ini, saya nyatakan diresmikan," ucap Jokowi disambut tepuk tangan warga yang menghadiri acara tersebut. (Raden Trimutia Hatta)

Baca juga:

Jokowi Minta Pembangunan Waduk Rawa Kendal Rampung Tahun Ini

DKI Jakarta Kucurkan Rp 4 T untuk Pembangunan KBN Cakung

Jadi Cawapres Ical Harus Lewat Mekanisme Partai

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini