Sukses

Pengalihan Jalur KA Lintas Selatan Diperpanjang

Pengalihan diarahkan melalui lintas Kroya - Purwokerto - Cirebon - Cikampek - Bandung dan sebaliknya.

Liputan6.com, Purwokerto - Seluruh perjalanan Kereta Api lintas selatan dari dan menuju Bandung lewat jalur Tasikmalaya masih akan dialihkan hingga Senin 7 April 2014 malam. Pengalihan diarahkan melalui lintas Kroya - Purwokerto - Cirebon - Cikampek - Bandung dan sebaliknya.

Pengalihan jalur lintas selatan itu akan terus dilakukan hingga proses evakuasi sarana dan perbaikan infrastuktur di lokasi kecelakaan KA Malabar di Tasikmalaya selesai. Dengan pengalihan ini, kepadatan lintas Kroya - Purwokerto - Cirebon meningkat dari 60 KA menjadi 84 KA per hari, dan berimbas pada terjadinya kelambatan rata-rata sekitar 1/2 sampai 1 jam.

"60% Dari lintas Kroya - Cirebon ini masih single track, yakni antara Kroya - Purwokerto dan Prupuk - Cirebon, sehingga pada saat peak traffic terutama malam hari kereta tersebut harus bergantian melintas di lintas yang 2/3-nya masih jalur tunggal (single track)," ujar Manajer Humas PT KAI Daop V Purwokerto Surono, Minggu (6/4/2014).

Surono menambahkan, selama pengalihan jalur KA lintas selatan, penumpang di stasiun-stasiun Maos, Kawunganten, Gandrungmangun, Sidareja, Cipari dan Langen, yang sudah terlanjur membeli tiket bisa membatalkan tiketnya.

"Karena KA tidak jalan sampai Senin malam di lintas selatan, tiket yang sudah dibeli bisa dibatalkan dan uangnya akan dikembalikan penuh," ungkapnya.

Sementara itu, pelayanan bis untuk penumpang KA lintas selatan yang dialihkan, masih akan terus dilakukan oleh PT KAI Daop V, hingga lintas selatan normal kembali. "Ini sebagai bentuk tanggung jawab kami kepada para penumpang yang terganggu perjalanannya," kata Surono.

Sejak pengalihan jalur KA lintas selatan mulai Jumat 4 April lalu hingga Minggu 6 April siang, PT KAI Daop V Purwokerto telah memberangkatkan 36 bus, terdiri dari 9 bus besar, 23 bus sedang dan 4 minibus. Bus-bus itu digunakan untuk meneruskan 1.200-an penumpang KA tujuan daerah selatan dari Stasiun Purwokerto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.