Sukses

Masih Ada Pelanggaran HAM di Papua, Pernyataan SBY Dipertanyakan

SBY mengklaim sepanjang kepemimpinannya tak pernah terjadi pelanggaran HAM berat.

Liputan6.com, Papua - Kontras Papua menuding Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melakukan pembohongan publik. Hal itu terkait klaim SBY yang menyebutkan sepanjang kepemimpinannya tak pernah terjadi pelanggaran HAM berat.

Koordinator Kontras Papua Olga Hamadi menuturkan, sepanjang kepemimpinannya, sejumlah pelanggaran HAM tetap terjadi di Papua. Misalnya pembunuhan kilat Ketua Umum Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Mako Tabuni di pertengahan 2012 silam.

Kemudian ada juga pelanggaran aparat yang dilakukan secara sistematis pada Pembubaran Konferensi Rakyat Papua (KRP) III yang menyebabkan kematian dua warga sipil. Dalam kasus ini, proses hukum dipinggirkan dan tidak ada pengadilan militer.

"Sejumlah petinggi Dewan Adat Papua (DAP) justru dikenai hukuman hingga belasan tahun penjara karena dituduh melakukan makar," kata Olga di Jayapura, Jumat (4/4/2014).

Selain itu, sambungnya, ada juga tentang penyiksaan jilid 1 dan 2 yang diduga dilakukan aparat keamanan di wilayah pegunungan tengah dan video penyiksaan itu sempat diunggah ke youtube.

"Sejumlah pembungkaman demokrasi, penyisiran, dan penangkapan kepada warga sipil masih banyak terjadi. Jika SBY mengklaim tidak ada pelanggaran HAM, kacamata apa yang dipakai dia dalam melihat persoalan HAM? Atau jangan-jangan dia belum paham tentang pelanggaran HAM," ujarnya.

Kontras Papua juga menghitung ada sekitar puluhan kasus pelanggaran HAM yang dilakukan pada pemerintahan SBY. Pihaknya juga mengklaim pada era SBY, Papua masih terus dilihat dengan pendekatan keamanan.

"Semua pelanggaran yang terjadi di tanah Papua, jangan sampai dilupakan," tukas Olga.

Sebelumnya, SBY mengklaim selama pemerintahannya, pelanggaran HAM berat yang pernah terjadi pada era sebelumnya sudah tidak ada. Sejumlah persoalan keamanan seperti konflik separatisme bersenjata, konflik komunal, termasuk terorisme juga dinyatakan SBY telah berangsur hilang dalam kurun waktu hampir 10 tahun. "Tidak terjadi pelanggaran HAM berat selama 10 tahun," tegas SBY. (Yus Ariyanto)

Baca Juga:
SBY: Tak Ada Pelanggaran HAM Berat Selama 10 Tahun
Dino: Kalau Ada Pelanggaran HAM Era SBY, Saya Mau Dengar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.