Sukses

2 Kali Gempa Susulan, Warga Chile Pilih Ngungsi

Kota Iquique, Chile kembali diguncang 2 kali gempa susulan berkekuatan 6,4 dan 7,6 SR. Gempa juga merusak jalan dan 1.500 bangunan.

Liputan6.com, Iquique - Kota Iquique dan Arica, Chile kembali diguncang gempa bumi pada Kamis 3 Maret dini hari waktu setempat. Gempa susulan kali ini berkekuatan 6,4 skala Richter. Kemudian disusul oleh guncangan lainnya yang berkekuatan 7,6 skala Richter.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (4/4/2014), titik gempa berjarak 19 kilometer dari Kota Iquique dan berpusat di kedalaman 20 kilometer. Warga pun langsung berhamburan ke jalan.

Guncangan gempa bumi susulan ini juga merusak jalan dan sekitar 1.500 bangunan. Belum ada laporan jumlah korban jiwa dalam bencana gempa susulan ini. Sementara bandara di Iquique, Arica, Patache dan Tocopilla ditutup sementara.

Ribuan warga langsung diungsikan ke tempat yang lebih aman. Mereka memilih untuk tidur di tenda-tenda pengungsian karena takut akan gempa susulan. Warga juga masih trauma dengan gempa pada 2010 lalu yang menewaskan hampir 500 orang.

Sehari sebelumnya, gempa berkekuatan 8,2 skala richter mengguncang negara ini. 6 Orang dinyatakan tewas dan 2.600 bangunan rusak. Gempa juga menimbulkan longsor di sejumlah titik dan kapal-kapal terempas ke pesisir pantai. (Anri Syaiful)

Lihat juga:
[VIDEO] Kepanikan Warga Chile Saat Gempa Susulan 7,6 SR
[VIDEO] Imbas Kabar Tsunami, Pantai Pangandaran Sepi Pengunjung
Gempa 8,2 SR di Chile Tapi `Hanya` 6 yang Tewas, Mengapa?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.