Sukses

Ini Daerah di Indonesia yang Berpotensi Tsunami Kiriman Chile

Kawasan Timur Indonesia berpotensi terkena gelombang tsunami kiriman dari Chile yang diguncang gempa 8,2 SR.

Liputan6.com, Jayapura- Kawasan Timur Indonesia berpotensi terkena gelombang tsunami kiriman dari Chile yang diguncang gempa berkekuatan besar 8,2 skala Ritcher (SR). Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengumumkan 20 daerah Indonesia yang diperkirakan dilanda tsunami pada Kamis 3 April 2014 pagi besok.

20 Daerah tersebut yakni pesisir di Provinsi Papua seperti Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Sarmi, Waropen, Biak Numfor, dan Supiori. Juga di Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Banten, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Tengah,  Jawa Barat, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Nusat Tenggara Timur, Bali, Suawesi dan Kalimantan Timur.

"Indonesia Tsunami Early Warning Center (InaTEWS) di BMKG telah mengeluarkan peringatan dini tsunami yang akan melanda beberapa wilayah di Indonesia. Peringatan dikeluarkan berdasarkan analisis penjalaran tsunami," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Rabu (2/4/2014).

Dia menjelaskan, BMKG telah menyampaikan peringatan dini tsunami tersebut kepada Posko BNPB. Ada 115 lokasi di kabupaten/kota dari 19 provinsi di Indonesia yang akan  berpotensi terjadi tsunami. Tinggi potensi tsunami 0–0,5 meter. Waktu kedatangan tsunami yakni pada Kamis 3 April pukul 05.11 WIB hingga 19.44 WIB

"Status peringatan adalah Waspada. Artinya Pemda Provinsi/Kabupaten/Kota yang berada pada status Waspada diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai di sekitar pantai," kata Sutopo.

"Waktu tiba gelombang dapat berbeda. Gelombang yang pertama bisa saja bukan yang terbesar," imbuh dia.

Kepala BNPB, Syamsul Maarif, telah memerintahkan agar peringatan dini tersebut disampaikan kepada masyarakat dan BPBD. "Masyarakat dihimbau tetap tenang dan selalu waspada. Belum perlu ada pengungsian," tutup Sutopo.

Gempa 8 SR terjadi di Chile pada Selasa 1 April sekitar pukul 20.46 waktu setempat atau 06.46 WIB. National Tsunami Warning Center atau Pusat Peringatan Tsunami Amerika Serikat kemudian merilis pergerakan gelombang tsunami Chile yang sampai Papua pada Kamis pagi, waktu Indonesia. (Muhammad Ali)

Baca juga:

Gempa Terdahsyat Abad 21

Tsunami Chile Diperkirakan Tiba di Indonesia Besok Pagi

BNPB: Tsunami Chile Diperkirakan Tiba di Indonesia, Jauhi Pantai!

Gempa 8 SR di Lepas Pantai Chile Picu Longsor di Daratan

Gempa 8 SR di Lepas Pantai Chile, 45 Menit Kemudian Tsunami

Gempa 8,2 SR dan Tsunami Chile Merenggut Nyawa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini