Sukses

23 WNI di Lokasi Tsunami Chile Dipastikan Aman

Chile dilanda tsunami setelah gempa berkekuatan sekitar 8,2 skala Ritcher (SR) mengguncang keras Kota Pelabuhan Iquique, Chile.

Liputan6.com, Iquique - Chile dilanda tsunami setelah gempa berkekuatan sekitar 8,2 skala Richter (SR) mengguncang keras Kota Pelabuhan Iquique, Chile pada Selasa 1 April 2014 malam, sekitar pukul 20.46 waktu setempat. Laporan terakhir menyebut korban tewas mencapai 5 orang dan korban luka 3 orang.

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemenlu RI) mengatakan ada sekitar 23 warga negara Indonesia (WNI) yang berada di sekitar lokasi gempa. Kondisi mereka dipastikan dalam kondisi baik, tak terkena gempa dan tsunami maupun dampaknya.

"Sekitar 23 orang di sekitar lokasi rawan. Tapi sejauh ini mereka dipastikan aman. Tak ada informasi mengenai WNI yang menjadi korban," ujar Juru Bicara Kemenlu Michael Tene saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Rabu (2/4/2014).

Dia menjelaskan, pihaknya telah menghubungi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Chile. Dan dinyatakan bahwa semua WNI yang berada di lokasi dalam kondisi baik.

"Sejauh ini kami terus memantau dengan menghubungi KBRI Chile," tandas Michael.

Chile merupakan salah satu negara yang rawan gempa. Negara tersebut pernah dilanda gempa 8,8 SR pada 27 Februari 2010 hingga mengakibatkan lebih dari 500 orang tewas dan 220 rumah hancur.

Negara di Amerika Latin itu juga pernah diguncang gempa dahsyat berkekuatan 9,5 SR pada 22 Mei 1960. Akibat bencana tersebut, lebih dari 5.000 orang tewas. (Yus Ariyanto)

Baca juga:

Gempa Terdahsyat Abad 21

Tsunami Chile Diperkirakan Tiba di Indonesia Besok Pagi

BNPB: Tsunami Chile Diperkirakan Tiba di Indonesia, Jauhi Pantai!

Gempa 8 SR di Lepas Pantai Chile Picu Longsor di Daratan

Gempa 8 SR di Lepas Pantai Chile, 45 Menit Kemudian Tsunami

Gempa 8,2 SR dan Tsunami Chile Merenggut Nyawa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini