Sukses

Bom Sisa Perang Dunia II Meledak di Thailand, 7 Tewas

Bom Perang Dunia II (PD II) berkekuatan besar meledak di pabrik besi Bangkok, Thailand.

Liputan6.com, Bangkok- Bom Perang Dunia II (PD II) berkekuatan besar meledak di pabrik besi di Bangkok, Thailand. Akibatnya 7 orang tewas dan 19 orang lainnya luka-luka.

Otoritas setempat mengatakan, bom seberat 550 pon atau 225 kilogram awalnya ditemukan oleh seorang pekerja bangunan di sebuah tempat konstruksi proyek yang sedang dibangun. Pekerja itu mengira bom tersebut sudah tidak aktif. Jadi dia mengambil dan menjualnya kepada pedagang besi tua.

Para pekerja di pabrik besi yang ditugasi untuk memotong bom tersebut tak menyangka. Saat bom coba dipecah dengan alat pemotong, duar! Bom meledak... Karyawan pabrik itu jadi korban. 7 Orang di antaranya tewas.

"Mereka mengira bom itu sudah tidak aktif, lalu mereka coba potong dan meledak," jelas petinggi kepolisian setempat, Virasak Foythong, seperti dimuat The Star, Rabu (2/4/2014), seraya menambahkan bom itu sisa-sisa dari perang dunia.

Pusat Emergensi Erawan di Bangkok menyatakan, 5 orang korban tewas seketika di lokasi kejadian, 2 lainnya tewas di rumah sakit. Sedangkan 19 lainnya kini tengah menjalani perawatan.

Selain memakan korban jiwa, bom tersebut juga membuat sejumlah rumah dan bangunan lain yang berada di radius 500 meter dari lokasi kejadian rusak parah.

"Itu bom senilai 500 poundsterling (sekitar Rp 94 juta) yang dijatuhkan dari udara selama Perang Dunia II," ujar anggota tim penjinak bom Kolonel Kamthorn Ouicharoen.

Saat Perang Dunia II pada 1939 sampai 1945, serangan bom dijatuhkan pihak Blok Sekutu di Bangkok, karena Thailand bergabung dengan Jepang yang merupakan Blok Poros. (Elin Yunita Kristanti)

Baca juga:

Ledakan Bom di Kenya Tewaskan 6 Orang, 650 Orang Ditangkap

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.