Sukses

Ahok Pastikan PKL di Halte akan Ditertibkan, Tapi...

Banyak halte bus di Ibukota menjadi lokasi berjualan para pedagang kaki lima (PKL), bahkan terkadang menjadi pangkalan ojek.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah halte bus di Ibukota menjadi lokasi berjualan para pedagang kaki lima (PKL). Halte bahkan terkadang menjadi pangkalan ojek, sehingga tak jarang warga tidak dapat menggunakan fasilitas umum tersebut.

Namun, untuk penertiban PKL di halte-halte, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengatakan belum dapat dilaksanakan saat ini. Sebab, menurut Ahok, fokus Pemerintah Provinsi DKI sekarang adalah menyelesaikan masalah PKL di jalanan.

"Bertahap. Di trotoar kita dorong mundur dulu. Sekarang kita utamakan PKL yang menempati jalan utama. Mereka dagangnya di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) dan jalan. Nanti halte," ujar Ahok di Balaikota, Jakarta, Rabu (2/4/2014).

Setelah itu, imbuh Ahok, pihaknya akan memberikan penyertaan modal kepada PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) untuk membenahi halte-halte bus. Termasuk, pembersihan dari PKL. Setelah penertiban di jalan dan pembenahan transportasi Jakarta, maka dalam 2 atau 3 bulan ke depan digelar operasi penuh.

Untuk PKL nantinya disediakan lokasi khusus yang lebih layak untuk berjualan. Namun, bila sudah direlokasi dan para PKL justru memilih kembali ke jalan, maka ia menegaskan Pemprov DKI tak akan memberi toleransi lagi. Tindakan terakhir yang akan diambil adalah mengusir PKL tanpa menyediakan tempat pengganti.

"Usir aja udah. Jadi nggak ada lagi belas kasihan. Mesti tegas. Nggak mau nyiapin tempat lagi. Nggak ada kewajiban kita kok nyiapin tempat buat pelanggar peraturan. Kemarin karena baik hati aja," tegas Ahok. (Yus Ariyanto)

Baca juga:

Jokowi: Butuh 3 Bulan Sterilisasi Halte dari PKL
176 Personel Satpol PP Jaga Tanah Abang Bebas PKL
Soal PKL, Ahok: Lebih Gampang ke Medan Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini