Sukses

Hebat, Talenta Para Penyandang Autis

Penyandang disabilitas juga mempunyai talenta yang dimiliki orang normal pada umumnya.

Citizen6, Jakarta Setiap orang yang dilahirkan di dunia ini pastilah dilengkapi Tuhan dengan talenta yang begitu banyak, begitu juga dengan penyandang disabilitas ataupun berkebutuhan khusus.

Penyandang disabilitas juga mempunyai talenta yang dimiliki orang-orang pada umumnya. Talenta yang dimiliki tersebut harus dilatih dan dikembangkan supaya bisa berkembang dan menghasilkan suatu karya yang luar biasa bahkan bisa melebihi dari orang-orang lainnya.

Berikut dua anak penyandang disabilitas autis  dengan talentanya masing-masing:

Iris Grace

Iris Grace seorang balita perempuan penyandang autis yang berusia tiga tahun. Iris didiagnosis sekitar dua tahun yang lalu, gejala awalnya Iris tidak pernah berbicara dan jarang sekali melakukan kontak mata dengan orang tuanya.

Atas diagnosa ini orang tua Iris mengajaknya untuk mengikuti berbagai terapi, salah satunya terapi seni yang menunjukkan keahlian iris dalam menggambar. Iris memiliki keahlian melukis splash yang luar biasa, bahkan permintaan lukisan datang dari seluruh dunia dan ada juga beberapa lukisannya yang dilelang dalam acara amal di London dan dihargai £ 830.

Cindy Widhoretno

Cindy Widhoretno perempuan berusia 17 tahun ini penyandang autis yang kesulitan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Sejak usia sembilan tahun dia bersekolah di Sekolah Luar Biasa (SLB) Bina Anggita Bantul, Yogyakarta Cindy mulai tertarik pada bidang seni dan mulai menunjukkan talentanya di bidang seni.

Sebagai penyandang autis Cindy memiliki  talenta yang tidak biasa sehingga meraih rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia sebagai penyandang autis yang memiliki banyak talenta. MURI menghitung setidaknya ada tujuh talenta yang dia miliki, seperti bermain gitar, keyboard, drum, memasak, menari, menyanyi dan melukis.

Talenta yang mereka miliki belum tentu dimiliki oleh orang normal lainnya. Karya dari mereka menunjukkan bahwa penyandang disabilitas autis dapat mengembangkan kreativitasnya, kecacatan mereka tidak menghambat keahlian yang mereka miliki.

Penulis:

Yulia Yulee

Baca juga:

`April Wish` Apa Harapanmu di Bulan Baru?

Kisah Pilu Warga Garut Pemakai Jamkesmas

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Rabu 19 Maret 2014 sampai dengan 3 April 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Apa Arti Pemilu Buatmu". Ada hadiah utama LinkSys Smart Wi-Fi Router untuk satu pemenang dan merchandise spesial untuk 5 tulisan terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini