Sukses

Tolak Pembangunan Rumah Elite, Warga Kayu Putih Unjuk Rasa

Dalam aksinya, selain membawa spanduk dan poster bernada penolakan warga juga membawa odnel-ondel dan gambang kromong.

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan warga dari 17 RW Kayu Manis, Pulugadung, Jakarta Timur, menggelar aksi penolakan pembangunan perumahan di lahan terbuka hijau hari ini. Mereka menuntut PT Pulomas Jaya sebagai pengembang, untuk menghentikan pembangunan.

Koordinator aksi Lukman Hakim mengatakan, lahan yang akan dibangun perumahan Pasadena Residence itu semula merupakan lahan terbuka hijau. Karena itu ia menyayangkan pembangunan tersebut.

"Pemerintah bangun Waduk Ria Rio dengan menggusur warga. Ini lahan terbuka hijau malah dibangun perumahan," kata Lukman di lokasi, Jakarta, Rabu (2/4/2014).

Lukman mengatakan, selama ini tidak ada pembicaraan antara pihak Pulomas Jaya dengan warga terkait pembangunan di lokasi itu. Padahal, di lokasi tersebut diduga akan dibangun sejumlah bangunan.

"Amdalnya saja belum ada. Ini semena-mena. Bukan cuma di sini, di depan sana akan dibuat mall, di samping SMP 21 itu akan dibuat hotel. Mana komitmen untuk menjaga area resapan air?" tandas Lukman.

Seperti pantauan Liputan6.com, aksi warga itu dimulai dengan long march dari depan RS Omni menuju lahan terbuka hijau yang siap dibangun itu. Mereka membawa spanduk dan poster bernada penolakan.

Saat berjalan menuju lokasi yang berada di Jalan Pulomas Raya, tepatnya di depan Lapangan Pacuan Kuda, Pulomas, warga dipandu iringan ondel-ondel dan gambang kromong.

Dalam aksinya, warga juga menyegel pembatas bangunan lahan yang terbuat dari seng dengan spanduk berisi kecaman terhadap pembangunan itu. (Yus Ariyanto)

Baca juga:

Waduk Pluit Rampung, Jokowi Masih Harus Benahi 75 Lainnya

Bikin Waduk Baru, Ahok: Karena Waduk Lama Tidak Kuat

Ahok: Seperti Singapura, Jakarta Juga Mampu Jadi Hutan Tropis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini