Sukses

Takut Usut Laporan Anas? Busyro: Takut Hanya kepada yang di Atas

Wakil Ketua KPK Busyro Muqaddas mengaku akan menela'ah laporan Anas Urbaningrum terkait dugaan aliran dana Bank Century ke Demokrat.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menelaah laporan Anas Urbaningrum terkait dugaan aliran dana Bank Century ke Partai Demokrat pada Pemilu 2009. Hal itu sekaligus membantah anggapan bahwa lembaga anti korupsi itu takut mendalami kasus yang berhadapan dengan partai penguasa.

"Ya ditelaah dong (laporan Anas). Semua ditelaah. Takut itu hanya kepada yang di atas (Tuhan)," ujar Wakil Ketua KPK Busyro Muqaddas di kampus STIE Perbanas, Jakarta, Selasa (1/4/2014).

Namun, kata Busyro, laporan tersebut hingga kini belum dilaporkan Anas ke Pengaduan Masyarakat (Dumas) KPK. Sehingga KPK belum mengetahui apakah terdapat aliran dana Bank Century ke Demokrat. "Belum tahu," kata Busyro.

Pada kesempatan itu Busyro juga menjelaskan, perkara yang akan dilaporkan Anas terkait aliran dana Pilpres tidak ada kaitan dengan kasus dugaan penerimaan gratifikasi proyek Hambalang yang kini menjerat mantan Ketua Umum Partai Demokrat itu.

"Kalau yang itu kan di luar perkara Hambalang yang tersangkut dengan biaya politik, kampanye yang dulu kan sisi lain. Biarkan aja laporan lewat dumas nanti akan kami telaah," pungkas Busyro. (Yus Ariyanto)

Baca juga:

PPI: Kasus Bank Century Layak Kena Pasal Pencucian Uang

Kabar DP Harrier Anas dari SBY, KPK: Setiap Info Divalidasi

Uang Muka Mobil Harrier Anas dari SBY? Demokrat: Itu Tidak Benar!

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.