Sukses

Kabut Asap Hilang, 1.000 Tentara Segera Ditarik dari Riau

Rencananya, 1.000 personel TNI akan ditarik pada Jumat 4 April mendatang.

Liputan6.com, Pekanbaru - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bakal menarik 1.000 anggota TNI pemadam kebakaran hutan dan lahan di Riau. Langkah ini ditempuh lantaran bencana asap di Bumi Lancang Kuning dianggap telah teratasi.

"Hingga saat ini, titik api dan asap akibat kebakaran lahan dan hutan di Riau dapat diatasi. Titik api di Riau terus berkurang. Pada Minggu (30/3/2014) titik api nihil. Pada Senin (31/3/2014) sampai sekarang hanya ada 1 titik di Indragiri Hilir," jelas Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam siaran persnya di Pekanbaru, Riau, Selasa (1/4/2014).

Berkurangnya titik api, jelas Sutopo, membuat kualitas udara terus membaik. Kualitas udara tidak sehat atau berbahaya, tak ada lagi di Riau. Sementara, jarak pandang berkisar 3-10 kilometer.

Menurut Sutopo, Satgas Penanggulangan Bencana Asap Riau sudah bekerja maksimal sesuai perintah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Selama 3 pekan beroperasi, semua personel dan unsur yang terlibat sudah mengerahkan tenaga.

"Kepala BNPB Syamsul Maarif, selaku Dansatgas, terus memimpin di lapangan. Satgas darat, udara, penegakan hukum dan pelayanan kesehatan telah bekerja efektif," imbuh Sutopo.

Bila muncul titik api lagi, tegas Sutopo, maka tongkat estafet diserahkan kepada Gubernur Riau. Kepala BNPB telah berkoordinasi dengan gubernur dan jajarannya, untuk persiapan penyerahan komando dan tanggung jawab agar kabut asap tidak terulang lagi.

"Besok Rabu (2/4/2014) seluruh kepala desa, camat, danramil, kapolres dan SKPD di daerah yang rawan kebakaran di Riau dikumpulkan. Bupati/walikota akan berikrar melakukan pencegahan dan mengatasi bencana asap dengan mengerahkan seluruh potensi di daerahnya. BNPB akan tetap memberikan pendampingan untuk penanganannya," jelas Sutopo.

Sementara, 1.000 personel TNI akan ditarik pada Jumat 4 April mendatang. Sebelum kembali ke Jakarta, semua personel akan diperiksa kesehatannya. "Mereka hampir 3 minggu terpapar langsung oleh api dan asap. Setelah itu, akan diterbangkan ke Jakarta dengan 10 Hercules C-130 TNI AU," pungkas Sutopo. (Yus Ariyanto)

Baca juga:

Dibakar, Api di Kawasan Cagar Biosfer Riau Kembali Berkobar
Belasan Titik Api di Riau Masih Belum Padam
777 Titik Api Kepung Riau, Jarak Pandang 2 Km di Pekanbaru

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini