Sukses

Kunjungi Pengrajin di Magetan, Jokowi Bicara `Jurus` Berdagang

Jokowi menilai masih banyak kelemahan pemasaran untuk kerajinan rakyat atau industri kecil.

Liputan6.com, Magetan Calon presiden yang diusung PDIP Joko Widodo (Jokowi) di sela-sela tugasnya sebagai juru kampanye ke beberapa daerah, menyempatkan diri mengunjungi pengrajin anyaman bambu milik Pak Warno Mudin, di Desa Ringin Agung, Magetan, Magetan, Jawa Timur.

Gubernur DKI Jakarta yang juga dikenal sebagai pengusaha mebel itu menilai masih banyak kelemahan pemasaran untuk kerajinan rakyat atau industri kecil. Padahal barang tersebut masuk komoditas ekspor. Sehingga menurutnya, industri kecil khususnya di daerah-daerah memerlukan kelompok koperasi.

"Mengekspor sendiri. Pengrajin seperti ini harus membentuk sebuah kelompok, membentuk koperasi baik untuk mengakses modal maupun kita didorong untuk dapat mengakses pasar langsung," jelas Jokowi di Desa Ringin Agung, Magetan, Magetan, Jawa Timur, Senin (31/3/2014).

Namun, menurutnya, pemerintah masih kurang dalam membantu pemasaran untuk pengrajin kecil agar dapat diekspor. Dengan adanya suatu kelompok koperasi dapat mendongkrak harga barang. Sebab menurutnya harga barang Rp 8.000 sangat murah.

"Fungsi-fungsi marketing itu di kedutaan, internal, promotion center. Itu di semua negara sama," tuturnya.

Setelah berbincang dengan pengrajin tersebut untuk mendengar aspirasi dan permasalahnnya, Jokowi pun bersiap melanjutkan perjalanannya. Sebelum berangkat ke Pacitan, ia diberi sebuah topi caping anyaman bambu sebagai cenderamata.

Baca juga:

Survei CSIS: Jokowi Ungguli Prabowo

Soekarwo Dilirik PKS untuk Jadi Cawapres

Sekjen PDIP Akui Telah Bertemu 10 Partai, Cari Cawapres Jokowi?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi