Sukses

Jelang Nyepi, Umat Hindu Gelar Upacara Tawur Agung

Sehari jelang Nyepi, seluruh umat Hindu di Bali berbondong-bondong ke Lapangan Puputan Badung, guna mengikuti upacara tawur agung.

Liputan6.com, Bali - Sehari menjelang Nyepi, seluruh umat Hindu di Bali berbondong-bondong ke Lapangan Puputan Badung. Mereka akan mengikuti upacara Tawur Agung Kesanga.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (30/3/2014), upacara bertujuan membersihkan jagatraya bumi beserta isinya, agar bersih dan suci sebelum memasuki tahun baru saka.

Petang nanti akan digelar tradisi mengarak ogoh-ogoh dengan harapan mengusir semua roh jahat, agar dalam pelaksanaan nyepi besok, Senin 31 Maret berjalan hikmat.

Sedangkan di Cimahi, Jawa Barat, ratusan umat hindu, memadati Pura Agung Wira Loka Natha. Mereka melakukan ritual melasti atau bersih-bersih diri yang merupakan tahapan pertama dalam perayaan Nyepi.

Pura Agung Wira Loka Natha, yang merupakan pura tertua di tanah Sunda, juga terus dibenahi. Rencananya Senin besok sekitar 2.000 umat Hindu di Bandung dan sekitarnya akan beribadah nyepi di pura ini.

Sementara itu, pelabuhan penyebrangan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, diperketat. Ratusan anggota TNI Polri menjaga pintu masuk dari Pulau Jawa ke Bali, untuk mengantisipasi tindak kriminal pada perayaan nyepi.

Minggu pagi, arus mudik penumpang berkendaraan roda 2 dan 4 dari Bali ke Jawa, juga terus mengalir. (Raden Trimutia Hatta)

Baca juga:

Libur Panjang Nyepi, Penumpang Kereta Jarak Jauh Bertambah 10%

Jelang Nyepi, Ratusan Ogoh-ogoh Berjejer di Bali

[VIDEO] Jelang Nyepi, Penyeberangan Gilimanuk-Ketapang Meningkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.