Sukses

Libur Panjang, Bandung Dipadati Ratusan Ribu Mobil

Kendaraan yang masuk Kota Bandung sejak Jumat 28 Maret 2014 mencapai lebih dari 100 ribu kendaraan.

Liputan6.com, Bandung - Libur panjang bertepatan dengan Hari Raya Nyepi yang jatuh Senin 31 Maret 2014, dimanfaatkan orang untuk berwisata. Salah satu kota tujuan wisata adalah Bandung. Imbasnya, jalanan di Bandung dipadati kendaraan roda 4.

Kasubag Humas Polrestabes Bandung Kompol Rosdiana memperkirakan kendaraan yang masuk Kota Bandung sejak Jumat 28 Maret 2014, dari lima pintu tol yaitu Pasirkoja, Moh Toha, Buah Batu, Kopo, dan Pasteur mencapai lebih dari 100 ribu kendaraan.

"Kemarin puncak kemacetan, kita perkirakan antara 60 ribu hingga 80 ribu kendaraan masuk Bandung. Saat malam hari kemacetan panjang terjadi di gerbang tol Pasteur," ujar Rosdiana di Mapolrestabes Bandung, Minggu (30/3/2014).

Rosdiana mengatakan, pada weekend biasa Kota Bandung hanya dimasuki oleh 20 ribu hingga 40 ribu kendaraan. "Saat ini dari data kita, hotel di Bandung juga sudah hampir full booked. Itu menandakan banyaknya wisatawan yang datang, hampir seperti tahun baru kemarin," ucapnya.

Kepolisian menyiapkan beberapa rekayasa jalan bila terjadi kemacetan, namun sifatnya situasional. Rosdiana mengatakan, 400 petugas Sat Lantas Polrestabes Bandung dibantu petugas Polsek dikerahkan untuk mengatur arus lalu lintas.

"Setiap hari 400-an anggota bertugas mengatur arus lalu lintas. Kita fokuskan pada titik-titik yang memang biasanya padat atau bahkan macet. Yang jelas kita akan berusaha maksimal," jelasnya.

Rosdianapun mengimbau kepada wisatawan yang datang agar memilih pintu tol lain selain tol Pasteur, karena diperkirakan akan terjadi penumpukan kendaraan dikarenakan volume kendaraan yang meningkat.

Baca juga:

Libur Panjang, Jalur Puncak Macet 8 KM

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.