Sukses

Resmi BUMD, Jokowi Umumkan Antonius Kosasih Dirut Transjakarta

Dalam perusahaan ini, Pemprov DKI Jakarta memiliki saham sebesar 99 persen, sedangkan PT Jakpro 1 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengumumkan perubahan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) dari Unit Pelayanan menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Jokowi memilih Antonius NS Kosasih sebagai Direktur Utama PT Transjakarta.

Selain mengumumkan nama tersebut, Jokowi juga melakukan penandatanganan akta pendirian perusahaan PT Transjakarta antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku pemegang saham.

Jokowi mengungkapkan, pembentukan PT Transjakarta telah sesuai dengan prosedur yaitu Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2014 tentang pembentukan BUMD Transjakarta.

"Dalam perusahaan ini, Pemprov DKI Jakarta memiliki saham sebesar 99 persen, sedangkan PT Jakpro 1 persen. Sebagai modal dasar Pemprov DKI Jakarta memberikan Rp 1,5 triliun. Sedangkan PT Jakpro sebesar Rp 10 miliar," ujar Jokowi.

Jokowi berharap, Direksi PT Transjakarta yang ditunjuk dapat bekerja cepat dan menata Transjakarta menjadi lebih baik. Setelah terbentuk, dia mengaku tidak akan ambil bagian karena seluruh kegiatan telah diserahkan kepada PT Transjakarta.

"Ya dibenahi total semua. Rute jumlah bus tiap koridor pelayanan perbengkelan sopirnya. Dikontrol cek pelayanan baik dan kurangi. Terutama kalau subsidi harus berkurang," kata Jokowi.

Jokowi juga berharap, PT Transportasi Jakarta memperbaiki layanan bus Transjakarta menjadi lebih baik daripada sebelumnya dan secara bertahap mengurangi subsidi. "Yang pasti, harus bisa mengurangi subsidi. Subsidinya diharapkan terus berkurang, lama-lama hilang. Jadi, jangan disubsidi terus," kata Jokowi.

Terkait pengangkatan Antonius NS Kosasih sebagai Direktur Utama, Jokowi mengungkapkan pengangkatan Kosasih dilakukan dengan pertimbangan yang matang dan melalui tes seleksi yang cukup ketat oleh Pemprov DKI. Antonius NS Kosasih merupakan mantan komisaris di PT Perhutani. 

"Semua lewat fit and proper test dan siapa yang mendapatkan nilai terbaik, ya diangkat. Otomatis sejak ditandatangani dan disahkan oleh Menkumham," kata dia.

Berikut jajaran direksi PT Transjakarta:

1. Lindung Paido Tua Simanjuntak untuk posisi Komisaris

2. Andi Patriota Wibisono untuk posisi Direktur Keuangan

3. Sri Kuncoro untuk posisi Direktur SDM dan Umum

4. Wijanarko untuk posisi Direktur Teknis dan Fasilitas

5. Heru herawan untuk posisi Direktur Operasional

6. Chaidier Patonnory untuk posisi Komisaris Utama

(Shinta Sinaga)

Baca juga:

Tak Mau Bus Karatan Lagi, Jokowi: Kita Pilih yang Bermerek

Jokowi Umumkan Direksi PT Transjakarta Besok

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini