Sukses

Bus Terjun ke Jurang di Thailand, 30 Penumpang Tewas

Polisi Thailand mengatakan, bus itu berusaha menyalip mobil di jalan gunung berkelok-kelok ketika tergelincir dan jatuh ke dalam jurang.

Liputan6.com, Myanmar - Kecelakaan bus terjadi di Thailand bagian utara pada Senin 24 Maret malam. Lokasi kecelakaan fatal dan memakan korban itu berada di Provinsi Tak.

"Menewaskan sedikitnya 30 orang, dan melukai 22 orang lainnya," kata pihak berwenang Thailand seperti dilansir dari BBC, Selasa (25/3/2014).

Polisi Thailand mengatakan, bus itu berusaha menyalip mobil di jalan gunung berkelok-kelok ketika tergelincir dan jatuh ke dalam jurang.

Bus tingkat atau double-decker itu membawa pekerja pemerintah daerah yang sedang tugas lapangan. Seorang anak juga diyakini menjadi salah satu yang terluka.

"Sopir bus tersebut selamat dari kecelakaan, mengalami patah tulang rusuk. Ia mengatakan rem bus telah berhenti bekerja," jelas polisi Thailand.

Rute ini memang sering dikunjungi oleh bus dan truk bepergian di sepanjang perbatasan Thailand dengan Myanmar --yang sebelumnya dikenal sebagai Burma.

"Kecelakaan terjadi di jalan ini sangat sering," kata Gubernur Provinsi Thai, Suriya Prasatbunditya.

"Kami telah menempatkan tanda-tanda peringatan, untuk mengingatkan pengguna jalan tetapi kecelakaan terus terjadi," jelas Suriya.

Kecelakaan lalu lintas umum terjadi di Thailand, karena standar keselamatan yang buruk dan jalan yang sibuk.

Sebelumnya, 29 orang juga tewas dalam kecelakaan yang melibatkan bus. Kendaraan yang dalam perjalanan melalui provinsi utara Phetchabun, terjun dari jembatan Khun Pha Muang.

Pada Februari lalu, 15 orang tewas setelah sebuah bus perjalanan ke kota pantai Pattaya menabrak truk. (Yus Ariyanto)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini