Sukses

MH370 Jatuh di Samudera Hindia, Keluarga: Ini Takdir...

MH370 berakhir di Samudera Hindia bagian selatan. Tak ada satupun dari 239 orang di dalamnya yang selamat.

Liputan6.com, Kuala Lumpur Kabar itu akhirnya datang. Dengan wajah duka, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengumumkan: Malaysia Airlines MH370 berakhir di Samudera Hindia bagian selatan. Tak ada satupun dari 239 orang di dalamnya yang selamat.  

Pesan pendek (SMS) pun dikirim Malaysia Airlines kepada keluarga korban: "Malaysia Airlines sangat menyesalkan bahwa kita harus mengasumsikan -- melampaui segala keraguan -- bahwa MH370 telah hilang dan bahwa tidak satupun dari mereka yang ada di dalamnya selamat ... sekarang kita harus menerimanya karena semua bukti menunjukkan pesawat itu jatuh di Samudra Hindia bagian selatan."

Mendengar kabar duka itu, tangis dan teriakan keluarga penumpang di sebuah hotel di Beijing pecah. Saat mengetahui orang-orang yang mereka cintai, yang selama ini nasibnya dinanti lebih dari 2 pekan, ternyata pergi untuk selamanya.

Bahkan kemungkinan pembajakan sebelumnya menerbitkan setitik harap, setidaknya orang yang mereka kasihi masih hidup.

Paramedis langsung memasuki ballroom Hotel Lido, Beijing, di mana keluarga dari 153 penumpang berada.

Sementara itu di Kuala Lumpur, Selamat Omar, ayah dari teknisi pesawat yang ada dalam penerbangan MH370 mengaku pasrah. Keluarga korban di Malaysia hanya menangis dan berduka saat mendengar pengumuman itu.

"Kami menerima berita tragis itu. Ini takdir," kata Selamat, seperti dimuat BBC, Senin (24/3/2014).

Analisa Satelit

Kesimpulan bahwa  MH370 jatuh di selatan Samudera Hindia berdasarkan analisis terbaru yang disampaikan firma satelit Inggris, Inmarsat yang menyediakan data satelit. Juga dibantu penyelidik kecelakaan udara Air Accidents Investigation Branch (AAIB).

"Disimpulkan bahwa MH370 terbang sepanjang koridor selatan , dan posisi terakhirnya berada di tengah Samudera Hindia, sebelah barat Perth ," kata PM Najib Razak.

"Itu adalah lokasi terpencil, jauh dari tempat pendaratan yang memungkinkan. Oleh karena itu, dengan sedih dan menyesal, saya harus memberitahu Anda bahwa  menurut data baru ini, penerbangan MH370 berakhir di Samudera Hindia selatan. "

PM Razak mengimbau media untuk menghormati privasi keluarga para penumpang dan awak. Mereka sudah cukup tersiksa menunggu kepastian nasib para penumpang. Dan kabar kepastian apa yang menimpa MH370 jauh lebih berat. 

Baca juga:

'Rute Sesat` Malaysia Airlines MH370

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.