Sukses

Longsor Besar Timbun Washington, 8 Tewas, Belasan Hilang

Longsor besar melanda Kota Oso, Negara Bagian Washington, Amerika Serikat.

Liputan6.com, Oso - Longsor besar melanda Kota Oso, Negara Bagian Washington, Amerika Serikat. Akibatnya 8 orang tewas dan belasan lainnya hilang. Tim penyelamat tengah melakukan pencarian para warga yang hilang.

Aparat setempat, seperti dimuat BBC, Senin (24/3/2014), menyatakan, longsor menimbun sekitar 30 rumah di Oso. 5 Dari 8 orang tewas kembali ditemukan pada Minggu 23 Maret 2014.

Petugas itu menambahkan, masih ada beberapa orang yang hilang tertimbun tanah. Namun dalam pencarian sejauh ini, tim penyelamat belum menemukan tanda-tanda manusia di balik timbunan tanah.

"Tanah itu longsor sedalam 54 meter atau 177 kaki," ujarnya.

Paulo, saksi mata yang melihat detik-detik longsor itu mengatakan, dirinya kaget tiba-tiba ada tanah longsor di depannya saat sedang mengemudi mobil. Ia pun mengerem mendadak untuk menghindari longsor.

"Tanah longsor begitu cepat, hanya 3 detik langsung ambles," ujar Paulo.

Seorang korban terluka akibat longsor, Robin Youngblood mengatakan, dirinya sempat tertimbun tanah longsor. Sebagian tanah sangat basah seperti lumpur mengubur ia dan keluarga. Beruntung, mereka selamat.

Kata dia, banyak warga yang berteriak saat longsor terjadi. Namun tim penyelamat yang sudah berada di lokasi kesulitan melakukan evakuasi karena kondisi sekitar yang sangat berbahaya. Dikhawatirkan tanah longsor susulan akan terjadi.

(Shinta Sinaga)

Baca juga:

`Rute Sesat` Malaysia Airlines MH370

4 Korban Tewas Longsor Tambang Emas Gorontalo Dievakuasi

Jokowi Masuk 50 Pemimpin Terhebat Dunia Versi Majalah AS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Amerika Serikat adalah salah satu negara republik konstitusional federal di Benua Amerika
    Amerika Serikat adalah salah satu negara republik konstitusional federal di Benua Amerika

    Amerika Serikat

  • Longsor atau disebut gerakan tanah, adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi, karena pergerakan masa batuan atau tanah.

    longsor

Video Terkini