Sukses

Perjalanan Panjang Caleg Untuk Kampanye di Maluku

100 km di tempuh oleh Sugianto, caleg dari Maluku bersama sejumlah relawan untuk mendatangi warga pedalaman di Pulau Buru.

Liputan6.com, Maluku - Menjelang Pemilu Legislatif 9 April mendatang, berbagai cara dilakukan oleh para caleg untuk mensosialisasikan diri kepada masyarakat. Namun, bagi caleg yang tinggal di daerah pedalaman akan menghadapi tantangan dan rintangan yang berbeda saat mensosialisasikan diri dan partainya.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (22/3/2014), dengan mengendarai sepeda motor, Sugianto, caleg  dari Partai Golkar menempuh perjalanan panjang. Sugianto menjadi caleg untuk DPRD Kabupaten Buru, Maluku.

Sugianto meretas ke pedalaman untuk mendatangi daerah pedalaman di Pulau Buru. Hal itu bukan merupakan hal yang mudah.

100 km di tempuh oleh Sugianto bersama sejumlah relawan untuk mendatangi warga pedalaman di Pulau Buru itu. Mereka harus melewati Sungai Waeyapo seluas 100 m. Sungai itu dipenuhi oleh binatang buas seperti buaya.

Setelah melewati Sungai Waeyapo, Sugianto dan relawannya harus melewati jalan yang licin karena tergenang oleh air hujan.

Bagi Sugianto, apa yang dilakukannya itu jauh lebih efektif. Karena Sugianto langsung dikenal oleh warga saat didatangi. Cara itu dianggap cukup murah jika dibandingkan kampenye dengan cara lain.

Di Mataram, Nusa Tenggara Barat, ada juga caleg yang tak perlu modal banyak. Seorang satpam perusahaan swasta bernama Sanusi, nekat maju menjadi anggota legislatif.

Meski dengan dana terbatas dan pengalaman yang minim, Sanusi yakin bisa lolos di kursi legislatif karena mendapat dukungan masyarakat di desanya.

Sanusi sendiri maju menjadi calon legislatif separuhnya bukan merupakan keinginannya pribadi. Namun juga keinginan warga masyarakat di kampungnya yang mendaftarkan pria sederhana itu maju menjadi caleg. (Elin Yunita Kristanti)

 

Lihat Juga:

[VIDEO] Protes RSUD Polewali Kotor - Ular Sanca Bikin Heboh

[VIDEO] Kapolri Minta Media Dukung Ciptakan Pemilu Damai

[VIDEO] Kampanye Bawa Berkah Bagi Sopir Angkot di Cimahi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.