Sukses

Liput MH370, Jurnalis Prancis Buat Menteri Malaysia Bingung

Pertanyaan itu, tentu saja membuat ruangan konferensi pers di Hotel Sama-sama menjadi hening sesaat.

Liputan6.com, Sepang - "Dapatkah Anda mengkonfirmasi bahwa Anda adalah sepupu Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib. Apakah Anda dilindungi?" demikian petikan pertanyaan seorang jurnalis dalam konferensi pers terkait hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 yang belum juga ditemukan.

Pertanyaan itu membuat ruangan konferensi pers di Hotel Sama-sama, Sepang, menjadi hening sesaat.

Ternyata si penanya adalah jurnalis asal Prancis bernama Carrie Nooten. Pertanyaan itu ditujukan untuk Menteri Transportasi Datuk Seri Hishammuddin Hussein.

Menerima pertanyaan seperti itu, Hisham pun kebingungan. Hisham pun bertanya dari organisasi mana sebelum memberikan jawaban kepada Nooten.

"Ya, saya bisa mengkonfirmasikan bahwa Najib adalah sepupu saya, dan saya tidak tahu apa untuk apa saya dilindungi, " kata Hishammuddin yang juga Menteri Pertahanan menjawab pertanyaan Nooten.

Mendengar jawaban Hisham, wartawan di Hotel Sama-sama pun tertawa. Ruangan konferensi pers itu pun seketika kembali menjadi ramai.

Hishammuddin memang sejak awal menjadi sumber utama dalam konferensi pers terkait pesawat  Boeing 777-200 dalam penerbangan MH370 yang menghilang pada 8 Maret 2014.

Respons Wartawan Prancis

Tak lama setelah mengajukan pertanyaan yang membuat Hisham kebingungan, jurnalis Prancis Nooten pun di-bully. Akun Twitter koresponden The France 24, @carrienooten, itu pun banjir kritik.

"Aku bertanya pertanyaan naif, tapi mungkin ini waktunya bertanggung jawab atas #MH370: 'Pertanyaan wartawan Prancis tentang Hisham'," tulis Nooten sambil membubuhkan link pada judul berita di mana ia menjadi sumber pemberitaan. Pertanyaan yang memicu tawa dari wartawan lain tersebut.

Nooten pun menanggapi netizens lain seperti @hanimomo yang meminta relevansi pertanyaan Nooten untuk mencari Boeing 777-200 ER yang hilang.

"@hanimomo pertanyaan saya bukan hanya jika menteri pertahanan menegaskan dia adalah sepupu PM, tapi apa yang akan dilakukan pihak administrasi GVT MH370#," tulis Nooten.

Nooten juga telah berusaha untuk menjelaskan, apa yang ia maksudkan ketika ia bertanya apakah Hishammuddin dilindungi.
"@carrienooten: @seksiPenguin dilindungi dari dipecat --maaf bahasa Inggris saya kurang baik," ungkap Nooten.

Sementara respons negatif dari Malaysia juga diterima Nooten.

Akun @JebatMustDie mengatakan: "Sampai sekarang, mengapa ia harus dipecat. Hentikan menelepon Superman, pesawat itu masih hilang. Sudut pandang Anda salah".

"Kamu tidak punya hak untuk menunjukkan bahwa Menteri kami akan dipecat ... Kami bisa menjalankan negara kami dengan cukup baik, terima kasih" tulis akun @nedmohd.

Berikut petikan lain dari Twitter yang membully Nooten:

Nicholas Cheng @ nichocheng

@carrienooten Oh jadi itu Anda yang bertanya? Saya rasa itu tak masalah, tapi aku ragu dia akan memberitahu Anda apa yang kami ingin tahu di depan publik

Mr.Masih @ messiah_58507

@carrienooten sejauh ini ia memegang dua kekuatan atau mungkin lebih, dan dia sangat baik dilindungi meskipun dia tak bisa memberikan info # MH370

@ carrienooten dalam budaya kita, kita mengatakan meskipun bahkan ur u buta akan berbagi permen dengan kerabat Anda sendiri. begitu pula najib n Hasham hubungan

A. Rizal Mohamed @ 14h armedial
@ carrienooten i c sudut Anda. tapi u gagal melakukan hmewrk di m'sia. PEPL 1.most tahu mereka r sepupu, 2.nobody mengundurkan diri / dipecat 4 incmpetence

@ yoongkhean besok jurnalis Perancis akan meminta Hisham "apakah benar jika putri menikah dengan anak tiri dato siti itu?" @ carrienooten

Yoong. @ 21h yoongkhean
Besok jurnalis itu akan menanyakan apakah H20 adalah putra Tun Hussein Onn?

(Yus Ariyanto)

Baca Juga:

Kopilot MH370 Disebut `Dalang`, Imam Masjid: Fariq Orang Baik

Horor...Hilangnya Malaysia Airlines Mirip Kisah Buku `Pulau Mati`

Tunangan Penumpang Pesawat MH370: Saya Yakin Kekasihku Disandera

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.