Sukses

Adik Ipar Menteri Syarif Hasan Wafat di Rutan

Sejumlah kerabat almarhum dan petugas kejaksaan sudah berdatangan ke RS Polri

Liputan6.com, Jakarta - Tersangka kasus dugaan korupsi proyek pembangunan videotron di Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Hasnawi Bachtiar meninggal dunia di Rumah Tahanan (Rutan) Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Selasa 18 Maret 2014 malam.

Usai menghembuskan nafas terakhir, Hasnawi yang juga merupakan adik ipar Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan ini oleh petugas rutan langsung dibawa ke RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur.  

Pantauan Liputan6.com di lokasi, sejumlah kerabat almarhum dan petugas kejaksaan sudah berdatangan ke RS Polri. Namun, hingga pukul 02.00 WIB dinihari, belum tampak sosok Syarif Hasan maupun sang istri Ingrid Kansil melayat jenazah. Dan Hingga kini juga belum ada penjelasan penyebab meninggalnya Hasnawi.

Hasnawi Bachtiar dipercaya Syarief Hasan untuk menjabat sebagai Kepala Biro Umum setingkat eselon IIA pada Kementrian Koperasi dan UKM sejak 11 Mei 2012. Sebelumnya Hasnawi menjabat sebagai asisten deputi pemantauan dan evaluasi pada Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Namun, tepat pada 1 Juni 2013,  Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta yang menangani perkara korupsi senilai Rp 23 miliar ini menetapkan Hasnawi selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan anggota Panitia penerima barang dan jasa, Kasiyadi sebagai tersangka.

Setelah melalui pemeriksaan panjang, akhirnya Hasnawi mulai ditahan di Rutan Salemba pada 5 Desember tahun lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.