Sukses

Kapolda Metro: Polisi Siap Kawal Pasangan Capres dan Cawapres

Polisi akan mengerahkan kekuatan penuh untuk pengamanan pasangan capres dan cawapres yang akan bertarung pada Pilpres 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Metro Jaya yang baru Irjen Pol Dwi Priyatno menegaskan pihaknya akan mengerahkan kekuatan penuh untuk pengamanan pasangan capres dan cawapres yang akan bertarung pada Pilpres 2014.

"Kita kerahkan kekuatan penuh, baik untuk pengamanan terbuka maupun tertutup. Ada juga pengamanan yang melekat dengan capres dan cawapres," kata Dwi usai dilantik menjadi Kapolda Metro Jaya mengantikan Irjen Pol Putut Eko Bayuseno di Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa (18/3/2014).

Pengamanan terhadap capres dan cawapres itu dilakukan setelah adanya perintah dari Kapolri kepada jajaran kapolda agar memberikan pengamanan melekat pada para caleg, capres, dan cawapres yang ada di wilayah hukum masing-masing.

"Soal pengamanan capres dan cawapres itu kan memang sudah arahan Kapolri dan kami akan optimal mengamanakan," ucap dia.

Selain itu, mantan Kapolda Jawa Tengah itu menambahkan, jajarannya telah memetakan para capres dan cawapres yang diusung partai politik dalam pilpres mendatang, sekaligus berkoordinasi soal pengamanan tersebut.

Sebelumnya Kapolri Jenderal Sutarman dalam amanatnya saat pelantikan 4 kapolda memerintahkan agar meningkatkan peran pengawasan internal agar anggota polri bersikap netral dalam pelaksanaan pemilu nanti.

"Optimalkan peran gakumdu, tegaskan ke penyidik jaga netralitas penyidikan, perilaku dan tindakan menyimpang jadi perhatian pimpinan," tegas Sutarman.

Selain itu Sutarman juga mengingatkan agar polisi  memetakan dan mengawal proses pelaksanaan Pemilu 2014. "Pahami potensi kerawanan pemilu, jalin kerja sama dengan unsur penyelenggara pemilu, petakan calon legislatif, DPR, DPRD, capres, agar seluruhnya diberikan pengamanan tanpa melihat partai ini, itu. Karena tanggung jawab polisi untuk melindungi setiap warga negara," tandasnya. (Elin Yunita Kristanti)

 

Baca juga:

Polisi Cilik Sambut Kapolda Metro Jaya Baru

Pesan Kapolri Kepada Kabaharkam Baru

Kapolri Lantik Irjen Putut Jadi Kabaharkam

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini