Sukses

Simulasi Pemilu Bagi Pemilih Pemula di UMY

Center for Election and Political Party Universitas Muahammadiyah Yogyakarta (CEEP UMY) adakan simulasi pemilu untuk pemilih pemula.

Citizen6, Yogyakarta Center for Election and Political Party Universitas Muahammadiyah Yogyakarta (CEEP UMY) adakan simulasi pemilu untuk pemilih pemula.

Acara yang bertema Rock the Vote Indonesia (RTVI) ini juga menampilkan debat partai politik, serta pendidikan pentingnya memilih dan menolak golput.

"Bukan hanya mengetahui bagaimana memilih, tapi juga mengetahui bagaimana sepak terjang partai politik. Untuk itulah kita buat acara ini. Di sini dapat kita lihat apa sebenarnya pemilu itu dan betapa pentingnya kita memilih," ungkap Direktur CEEP UMY Dr Nur Azizah dalam sambutan acara RTVI di Sportorium UMY, Selasa (18/3/2014).

Acara RTVI ini menyediakan stand bagi partai politik untuk menampilkan programnya untuk Indonesia. Sehingga pemilih pemula dapat bertanya langsung pada pengurus partai tentang apapun yang berkaitan dengan partai tersebut.

"Silahkan nanti gali informasi dari pengurus partai yang telah datang. Karena informasi dapat menjadikan kita pemilih yang cerdas," ungkap Azizah.

Turut hadir dalam pembukaan acara tersebut Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kemendagri RI Endang Rosawati. Dalam sambutannya Endang menyampaikan, untuk mengurangi angka golput pada pemilu 2014 ini.

Kesbangpol melakukan sosialisasi pemilu pada pemilih pemula, bekerjasama dengan 43 perguruan tinggi di Indonesia.

"Di antaranya kita bekerjasama dengan UMY. Semoga langkah kita ini dapat mengurangi angka golput nantinya," jelas Endang.

Endang juga mengatakan, selalu meningkatnya angka golput dari tahun ketahun dapat menurunkan kualitas pemimpin yang dipilih nantinya. Selain itu, banyaknya golput juga menandakan buruknya demokrasi.

"Melalui pendidikan seperti ini, kita bisa lebih mengetahui bahwa politik itu bukan korupsi dan suatu hal yang buruk. Tapi partisipasi politik itu penting untuk mendapatkan pemimpin yang berkualitas dan bertanggung jawab," katanya.

Sedangkan Rektor UMY Prof Dr Bambang Cipto dalam sambutannya mengatakan, perubahan ke arah yang lebih baik selalu dilakukan oleh pemuda dari masa ke masa. Termasuk kemerdekaan Indonesia, serta peristiwa yang bermakna lainnya.

"Dari acara ini, dari UMY, dari generasi muda, untuk Indonesia lebih berwarna, lebih bermakna, dan lebih maju. Sehingga Indonesia lebih baik dari waktu kewaktu nantinya," kata Guru Besar UMY ini. (mar)

Penulis
Ahlul Amalsyah
Yogyakarta, ahlul.amalsxxx@umy.ac.id

Baca juga:

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.