Sukses

Pantai Utara Chile Gempa 6,7 SR, USGS: Ada Potensi Tsunami Kecil

Gempa kuat mengguncang kawasan pantai Pasifik utara Chile pada Minggu 16 Maret waktu setempat.

Liputan6.com, Chile - Gempa kuat mengguncang kawasan pantai Pasifik utara Chile pada Minggu 16 Maret waktu setempat. Gempa tersebut berkekuatan 6,7 skala Richter.

"Menyebabkan pihak berwenang menyerukan evakuasi di beberapa daerah pesisir, tetapi hanya kerusakan kecil yang dilaporkan," demikian seperti dilansir dari ABCNews.go, Senin (17/3/2014).

Angkatan Laut Chile mengatakan, ada kemungkinan tsunami kecil antara kota-kota utara Arica dan Tocopilla. Sehingga otoritas terkait mendorong evakuasi sepanjang hamparan pantai di mana kawasan Arica Parinacota dan berbatasan wilayah Tarapaca.

"Ada tampaknya (potensi tsunami), tapi tidak menjadi ancaman Tsunami Pasifik yang luas dan destruktif (menghancurkan)," kata pihak Pacific Tsunami Warning Center.

Menurut Badan Survei Geologi AS (USGS), gempa yang awalnya diperkirakan berkekuatan 7,0 SR, terjadi sekitar pukul 16.16. "Pada kedalaman 20 kilometer (12,5 mil). Pusat gempa adalah 60 kilometer (37mil) barat laut dari Iquique, Chile," jelas pihak lembaga yang dikenal dengan sebutan US Geological Survey.

USGS juga mengungkapkan, terjadi gempa susulan yang menghantam sekitar 10 menit kemudian. Sekitar 15 mil jauhnya dan diperkirakan berkekuatan 5.1 SR.

"Lalu guncangan besar ketiga yang mengguncang mencapai 4.9 SR, di daerah yang sama sekitar 40 menit kemudian," tambah pihak USGS.

Franz Schmauck, direktur layanan kantor darurat Chile, ONEMI mengatakan kepada televisi pemerintah, bahwa tidak ada kerusakan berat yang dilaporkan warga. Sejauh ini, hanya ada laporan jendela pecah pada beberapa rumah.

"Kami ketakutan, tapi kami terus memantau," kata gubernur daerah Arica dan Parinacota, Emilio Rodríguez.

"Kami bisa mendapati perubahan mendadak dalam gelombang yang akan membuat mereka naik hingga 1 meter (3,28 kaki)," tambah Emilio.

Chile adalah salah satu dari sebagian besar negara yang rawan gempa di dunia. Sebelumnya, gempa berkekuatan 8,8 dan tsunami terjadi pada tahun 2010,. Menewaskan lebih dari 500 orang, menghancurkan 220 rumah dan menghanyutkan dermaga, bungalau serta resor tepi laut.

Gempa terkuat yang pernah tercatat juga terjadi di Chile, berkekuatan 9,5 SR. Terjadi pada tahun 1960, yang menewaskan lebih dari 5.000 orang .

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini