Sukses

SBY: Siapa yang Bakar Hutan?

Kebakaran hutan di Riau tak kunjung padam, sementara kabut asap terus merambah hingga ke negeri tetangga.

Liputan6.com, Pekanbaru - Kebakaran hutan di Riau tak kunjung padam, sementara kabut asap terus merambah hingga ke negeri tetangga. Siapa pelaku di balik kebakaran ini masih diburu.

Hal ini pulalah yang dipertanyakan Presiden Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kepada warga Riau. "Siapa yang membakar hutan," tanya SBY kepada warga dalam kunjungannya ke Riau, Minggu (16/3/2014), seperti dikutip dari akun Twitter-nya, @SBYudhoyono.

"Jangan ada dusta di antara kita. Kalau di sini tidak mau sampaikan apa yang sebenarnya terjadi, maka saya akan cari tempat yang lain."

Kepada petugas, SBY menginstruksikan untuk terus melanjutkan operasi penanganan bencana kebakaran dan kabut asap di Riau. "Ya, tetap lanjutkan hujan buatan dan modifikasi cuaca," ujar SBY, seperti dikutip dari laman Presidenri.go.id.

Sementara itu, Kepala BNPB Syamsul Maarif menjelaskan, upaya pemadaman dengan water bombing terus dilakukan. Fokus saat ini yakni, di wilayah utara Pulau Rupat dan Dumai. Ini karena pergerakan angin dari utara yang membawa asap pekat menyulitkan helikopter menembus titik api.

"Maka upaya water bombing dilakukan dengan membelakangi arah angin," kata Syamsul. Saat ini dua helikopter dioperasikan di Dumai. (Yus Ariyanto)

Baca juga:

SBY Kunjungi 3 Titik Kebakaran Hutan di Riau

Diguyur Hujan 20 Menit, Warga Riau Ramai-ramai Sujud Syukur

SBY: Kabut Asap Riau Harus Hilang 3 Minggu Lagi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.