Sukses

Status Bendungan Katulampa Naik Siaga III, Warga Jakarta Waspada

Saat ini ketinggian volume air di Bendungan Katulampa mencapai 150 centimeter.

Liputan6.com, Bogor - Hujan yang melanda wilayah Bogor, Jawa Barat, membuat debit air Sungai Ciliwung terus beranjak naik. Volume air di Bendungan Katulampa saat ini menyentuh ketinggian 150 centimeter atau berstatus meningkat menjadi Siaga III.

Kepala Bendungan Katulampa Andi Sudirman mengatakan, naiknya volume air terjadi 3 kali sejak pukul 15.00 WIB. "Jam 3 sore naik dari 50 centimeter ke 80 centimeter. Kemudian jam 4 sore menjadi 110 centimeter, air naik lagi jam 6 petang menjadi 150 centimeter," ujar Andi kepada Liputan6.com, Sabtu (15/3/14).

Andi menjelaskan, kenaikan volume air ini dikarenakan curah hujan di kawasan puncak cukup tinggi. Sehingga, status dinaikkan dari Siaga IV menjadi Siaga III. Volume air yang mengalir di Sungai Ciliwung ini diperkirakan sebanyak 35 ribu liter per detik.

"Kami terus berkoorinasi dengan Pemprov DKI Jakarta, juga dengan warga yang tinggal di Bantaran Sungai, agar mereka selalu tetap waspada," imbaunya.

Sementara pantauan Liputan6.com di Bendungan Katulampa, cuaca di wilayah Bogor hingga pukul 18.00 WIB masih dilanda hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Ketinggian air mencapai angka 150 centimeter. Ini adalah yang paling tinggi sepanjang bulan Maret 2014. (Shinta Sinaga)

Baca juga:

Jadi Capres, Jokowi: Masalah Jakarta Juga Urusan Pemerintah Pusat

Banjir Kembali Genangi Jakarta

Genangan Air dan Kecelakaan Warnai Lalu Lintas Jakarta Jumat Pagi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini