Sukses

Kepala Investigasi Malaysia Tepis Pesawat MH370 Dibajak

Kepala Investigasi hilangnya pesawat Malaysia Airlines Azharuddin Abdul Rahman membantah laporan pesawat MH370 dibajak.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Laporan terbaru muncul dari pejabat Malaysia yang tak disebutkan namanya. Dia menyebut pesawat Malaysia Airlines Boeing 777-200ER dibajak. Perdana Menteri Najib Razak juga menyinggung dugaan tersebut dalam konferensi pers 8 hari hilangnya pesawat yang mengangkut 239 penumpang itu.

Namun Kepala Investigasi hilangnya pesawat Malaysia Airlines Azharuddin Abdul Rahman membantah laporan pesawat MH370 dibajak. Menurut dia, pembajakan pesawat merupakan satu dari beberapa dugaan penyebab raibnya burung besi tersebut.

"Kami masih mencari tahu segala kemungkinan yang ada. Kami tengah menelusuri identitas dan latar belakang penumpang serta kru pesawat, tapi sejauh ini belum ada petunjuk," jelas Azharuddin, seperti dimuat The Star, Sabtu (15/3/2014).

Pejabat anonim Malaysia sebelumnya menyatakan pesawat sudah pasti dibajak. Azharuddin pun menepis pernyataan pejabat Malaysia itu. "Ini belum bisa dipastikan," tegasnya.

Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengatakan, sistem komunikasi memang diketahui telah dimatikan dan diubah oleh seseorang di dalam pesawat sebelum menghilang.

Pernyataannya itu didasari atas penemuan bahwa komunikasi terakhir terdeteksi pada Sabtu 8 Maret pukul 08.11 waktu setempat, lebih dari 6 jam setelah pesawat dinyatakan hilang dari radar pada Sabtu pukul 01.30 waktu setempat.

"Komunikasi terakhir antara pesawat dan satelit terlacak pada pukul 08.11," kata Najib, seperti dimuat Channel News Asia, seraya mengatakan, temuan itu merupakan hasil perhitungan tim investigasi bahwa pesawat terbang ribuan kilometer setelah dinyatakan hilang.

Namun Najib mengaku pihaknya masih mencoba memastikan kebenaran pesawat MH370 benar-benar dibajak. Dan yang terpenting, harus segera mengetahui di mana keberadaan pesawat.

"Meski banyak laporan media bahwa pesawat dibajak, saya sangat berharap agar kabar itu segera terkonfirmasi kebenarannya. Kami masih menyelidiki semua kemungkinan yang ada," ujar Najib.

Atas adanya laporan pembajakan, Kepolisian Malaysia menggeledah rumah kapten pilot MH370, Zaharie Ahmad Shah, untuk mencari data-data penerbangan. Penggeledahan saat ini masih dilakukan.

Pencarian dan penyelidikan juga terus berlanjut. Saat ini pencarian yang dilakukan tim gabungan dari sejumlah negara dilakukan di sekitar Samudera Hindia dan Teluk Benggala, India. (Shinta Sinaga)

Baca juga:

Keluarga Penumpang: Saya Berharap Malaysia Airlines Dibajak

Pejabat Malaysia: Pesawat MH370 Dibajak

Pesawat MH370 Dibajak, PM Malaysia: Komunikasi Terakhir Jam 08.11

Pesawat Malaysia Airlines Dibajak, Ini Rutenya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.