Sukses

14 Tersangka Tertangkap Tangan Bakar Lahan Riau

Penangkapan dilakukan setelah tim pemburu menyisir lokasi kebakaran hutan dan lahan di Rohil.

Liputan6.com, Pekanbaru - Polisi Polda Riau kembali menangkap pembakar hutan dan lahan di Riau. Kali ini ada 14 orang yang dibekuk. Mereka tertangkap tangan sedang membakar lahan di Rokan Hilir (Rohil) Riau.

"Lokasi penangkapan berbeda-beda. Soalnya, tim membagi diri dan menyisir beberapa lokasi. Para tersangka sudah diamankan di Polres untuk penyidikan lebih lanjut," kata Kabid Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo di Pekanbaru, Sabtu (15/3/2014).

Dia menjelaskan, penangkapan dilakukan setelah tim pemburu menyisir lokasi kebakaran hutan dan lahan di Rohil. Alhasil, ditemukan 14 orang yang tengah membakar lahan. Dengan demikian, hingga saat ini ada 58 tersangka pembakar lahan yang ditangkap.

"Kemarin, ada 44 tersangka. Kemudian, ditangkap lagi sebanyak 14 orang tersangka di Rokan Hilir (Rohil) Riau. Total tersangka sekarang ada 58 orang," ujar Guntur.

Kata dia, jumlah tersangka bisa bertambah. Sebab timnya masih memburu dan melakukan inspeksi ke lokasi kebakaran hutan. Selain 58 tersangka, tim pemburu juga menetapkan 5 pembakar hutan dan lahan ke daftar pencarian orang (DPO) atau buron.

"Ada 40 laporan, 7 lidik, dan beberapa orang sudah diserahkan ke kejaksaan untuk disidang," tandas Guntur.

Dia menambahkan, sejauh ini, terdapat 172 hot spot atau titik api di Riau. 28 Di antaranya masih menyala dan sisanya sudah padam tapi menimbulkan kabut asap. "Jarak pandang berkisar 1.000 meter," tandas Guntur. (Shinta Sinaga)

Baca juga:

Kabut Asap Riau Menipis, SBY Dijadwalkan Mendarat di Pekanbaru

Kabut Asap Riau, 3 Penerbangan ke Bengkulu Dibatalkan

Ada Ratusan Titik Api di Riau, Kualitas Udara Berbahaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.