Sukses

Kebakaran Lahan di Aceh Barat, Jarak Pandang 50 Meter

Menurut BPBD Aceh Barat, kebakaran diakibatkan pembukaan lahan secara besar-besaran oleh warga.

Liputan6.com, Aceh Barat - Ratusan hektare lahan terbakar di kawasan Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh. Kebakaran tersebut mengakibatkan beberapa daerah di Aceh Barat, diselimuti kabut asap.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Aceh Barat Teuku Novrizal, kebakaran diakibatkan pembukaan lahan secara besar-besaran oleh warga.

"Ini akibat masyarakat buka lahan dengan membakar lahan, hingga merambat ke lahan perkebunan masyarakat lainnya," kata Novrizal yang dihubungi via telepon selulernya Jumat (14/3/2014).

Novrizal menambahkan, kebakaran lahan tersebut telah terjadi sejak sebulan yang lalu. Berdasarkan data BMKG terdapat 8 titik api di Aceh Barat, sehingga menganggu aktivitas masyarakat. "Jarak pandang saat ini sekitar 50 meter karena ditutupi kabut asap, ini sudah mengganggu aktivitas warga," ujar dia.

Saat ini, masih menurut Novrizal, pihaknya terus melakukan berbagai upaya untuk memadamkan api dengan mengerahkan beberapa unit armada pemadam. "Api sangat susah dipadamkan karena beberapa lokasi tidak bisa dijangkau oleh armada pemadam," jelas dia.

Lahan yang terbakar merupakan lahan perkebunan sawit warga dan lahan gambut. Kebakaran mulai meluas di beberapa kecamatan. Misalnya, Kecamatan Johan Pahlawan, Sama Tiga, Arongan Lam Balek, dan Kecamatan Kaway 16.

Baca juga:

Panglima TNI: Tebalnya Kabut Asap Riau Sulitkan Cari Titik Api

Kabut Asap Semakin Parah, SBY: Bukan Faktor Cuaca!

SBY Akan Pimpin Langsung Operasi Pemadaman Api di Riau

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini