Sukses

SBY Dikecewakan Menko Kesra dan Gubernur Riau

SBY terlihat kecewa karena Gubernur Riau Annas Maamun tidak hadir pada situasi yang sangat genting di Riau.

Liputan6.com, Pekanbaru - Sempat tertunda selama 1 jam, akhirnya teleconference antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Satgas Penanggulan Asap Riau dilaksanakan sekitar pukul 15.00 WIB. SBY yang berada di Mapolda Jawa Tengah terlihat didampingi sejumlah menteri dan Kapolri Jenderal Sutarman.

Sebelum membacakan instruksi yang harus dilakukan Kepala Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif, SBY menanyakan pejabat Riau yang hadir dalam rapat jarak jauh itu.

"Ada Wakil Gubernur Riau Arsyad Juliandi Rachman, Danrem Wirabima Riau yang juga sebagai Kasatgas Penanggulangan Asap Brigjen TNI Prihadi Agus Irianto, Kapolda Riau Brigjen Pol Condro Kirono dan Kajati Riau Eddy Rakamto," terang Syamsul ke SBY.

Mendengar itu, SBY langsung menanyakan keberadaan Gubernur Riau Annas Maamun. SBY terlihat kecewa karena Annas tidak hadir  pada situasi yang sangat genting di Riau.

"Mestinya Gubernur Riau di situ. Gubernur Riau harus melaporkan perkembangan situasi di sana secara langsung. Apa yang sudah dilakukan gubernur dan mendengar perintah langsung dari saya," ucap SBY terlihat kecewa.

Menurut SBY, situasi di Riau karena kabut asap sudah masuk situasi krisis. Intensitas kebakaran hutan dan lahan sudah tinggi dan sangat luar biasa, dibandingkan tahun lalu.

"Ini situasi krisis. Seharusnya Gubernur Riau hadir melaporkan situasi kepada saya," tegas SBY.

Tak hanya ke Annas, SBY juga terlihat kecewa karena Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono tak tampak hadir di Mabes Polri, lokasi lain yang juga tersambung dengan teleconference.

"Seharusnya Menko Kesra juga hadir. Penanganan kebakaran hutan dan lahan serta kabut asap terkoordinasi dengan Menko Kesra," kata SBY kepada Wapres Boediono yang berada di Mabes Polri.

Mendengar itu, Boediono menjawab, Agung Laksono sudah diundang tadi malam. "Karena yang bersangkutan ada acara, dia tidak bisa hadir di Mabes Polri untuk teleconfrence," jelas Boediono.

"Sudah terlanjur. Seharusnya Menko Kesra hadir. Seharusnya Menko Kesra yang menangani dan terkoordinasi dengan dia," kata SBY.

Usai sambutan itu, rapat dinyatakan tertutup untuk media. Kabarnya, Syamsul Maarif dan Satgas Penanggulangan Asap serta Pemprov Riau akan melaporkan situasi asap serta kebakaran hutan dan lahan.

Dengan paparan itu, SBY bersama jajaran menteri akan memberi instruksi pemadaman dan penanggulangan bencana kabut asap Riau. (Ismoko Widjaya)

 

Baca juga:

SBY Ultimatum Pemda Riau, Ancam Ambil Alih Penanganan Kabut Asap

Dikepung Kabut Asap, Gubernur Sumbar Minta Warga Gunakan Masker

Hujan Buatan Sulit Dilakukan Padamkan 137 Titik Api Riau

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini