Sukses

Satelit Tangkap Sinyal Pesawat Malaysia Airlines yang Hilang

Namun sinyal yang ditangkap itu tidak memberikan informasi ke mana pesawat itu mengarah dan bagaimana nasibnya.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Satelit sempat menangkap sinyal samar-samar dari pesawat Malaysia Airlines yang hilang pada Sabtu 8 Maret yang lalu. Namun sinyal yang ditangkap itu tidak memberikan informasi ke mana pesawat itu mengarah dan bagaimana nasibnya.

Laman Malaysian Insider, Jumat (14/3/2014) memberitakan, sinyal itu mengindikasikan sistem pesawat itu dalam kondisi hidup dan siap berkomunikasi dengan satelit. Tanda-tanda itu setidaknya menunjukkan pesawat MH70 itu bisa berkomunikasi setelah hilang kontak dengan air traffic controllers (ATC).

Menurut sumber di Malaysia, sistem pada Boeing 777-200ER pesawat mengirimkan sinyal sekitar 1 jam. Namun, sinyal itu tidak bisa menunjukkan apakah pesawat itu masih di udara atau sudah berada di darat.

Informasi tertangkapnya sinyal pesawat yang membawa 227 penumpang serta 12 kru itu tentunya memberi sedikit harapan untuk pencarian. Setidaknya untuk mengetahui apakah hilangnya pesawat rute Kuala Lumpur-Beijing itu mengalami kegagalan teknis, dibajak, atau hilang karena sebab lainnya.

Meski demikian, data sinyal itu belum bisa dibuka karena perusahaan yang terlibat dalam penerbangan ini tidak berlangganan pada operator satelit. Terkait temuan baru ini, Boeing yang membuat pesawat dan Rolls Royce yang menyuplai mesin tidak berkomentar.

Sebelumnya pejabat Malaysia menolak laporan adanya sinyal pesawat yang ditangkap satelit. Pejabat Malaysia menyebut tidak ada bukti pesawat itu terbang berjam-jam setelah kehilangan kontak dnegan ATC. (Muhammad Ali)

Baca juga:

China Tetap Susuri Lokasi 'Puing' MH370

Kisah Hilangnya Adam Air, 3 Hari Muncul Petunjuk

Tak Ada Puing MH370 di 3 Lokasi Jepretan Satelit China

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.