Sukses

Sedang Tidur, Pemulung Simpan Rp 17 Juta Dirazia Satpol PP

Wanita asal Madiun, Jawa Timur, ini ditangkap aparat Sudin Sosial Jakarta Pusat di Jalan Gondangdia, Jakarta Pusat, pada Selasa 11 Maret.

Liputan6.com, Jakarta - Masih ingat dengan Walang (54) dan Sa'aran (70)? Duo pengemis tajir yang tertangkap di Pancoran, Jakarta Selatan 25 November 2013 karena membawa uang Rp 25 juta. Kini ada lagi, seorang pemulung yang menyimpan uang jutaan rupiah.

Ely Mulyawati (30) nama pemulung itu. Perempuan itu hanya pasrah tinggal di Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 3, Cengkareng, Jakarta Barat.

Wanita asal Madiun, Jawa Timur, ini ditangkap aparat Sudin Sosial Jakarta Pusat di Jalan Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat pada Selasa 11 Maret 2014 kemarin. Dari tangan Ely, petugas mendapati uang senilai Rp 17 juta.

Ely yang ditemui di Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 3 mengatakan, uang sebanyak itu diperolehnya dari hasil menjual barang-barang rongsokan seperti kardus dan botol air mineral.

"Saya nggak inget dari kapan mulung. Yang pasti saya kumpulin duit hasil mulung sudah lama," kata Ely ketika ditemui, Rabu (12/3/2014).

Menurut Ely, uang itu nantinya akan digunakan untuk membeli sebuah rumah untuk berteduh. Sebab, selama tinggal di Jakarta dan memulung, Ely tinggal di dalam sebuah gerobak sederhana miliknya. Semua kebutuhan Ely seperti baju dan barang-barang hasil memulungnya disimpan di dalam gerobak tersebut.

"Susah nyari tempat buat tinggal. Makanya saya kumpulin uang beli rumah," singkat Ely.

Ely pun mengaku kaget ketika pada Selasa kemarin diangkut petugas Satpol PP Jakarta Pusat sekitar pukul 09.00 WIB. Pada saat itu, dia sedang tertidur di dalam gerobaknya.

Ia tak sendirian diangkut oleh petugas, seekor anjing peliharaan Ely yang biasa menemani juga diangkut petugas.

"Lagi tidur tiba-tiba diangkut, kaget saya. Gerobak saya juga diangkut sama petugas. Yang kasihan anjing saya sekarang nggak sama saya, dia pasti nyariin saya, kelaparan," ucanya.

Kini Ely hanya bisa pasrah harus tinggal di panti sosial. Dia pun mengaku tak betah tinggal bersama puluhan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) lainnya.

"Nggak betah saya, mendingan di jalanan. Di sini susah tidur, banyak orang," tutur Ely. (Yus Ariyanto)

Baca juga:

Uang Ngemis Rp 25 Juta Dikembalikan, Walang: Alhamdulillah

Pengemis Tajir Walang Pakai Jampi-jampi Agar Hasil Melimpah?

Kepala Panti Sosial: Jangan Percaya Pengemis Sakit

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini