Sukses

Di LLD AkBer Berdayakan Relawannya dari 38 Kota

Kegiatan Local Leadership Day Akademi Berbagi (gerakan sosial bidang pendidikan) yang diadakan pada tanggal 7-9 Maret, rasanya tidak cukup

Liputan6.com, Jakarta Kegiatan Local Leadership Day (LLD) Akademi Berbagi (gerakan sosial bidang pendidikan) yang diadakan pada tanggal 7-9 Maret, hanya 3 hari 2 malam rasanya tidak cukup. Mungkin butuh 1-2 hari lagi. Namun rangkaian acara meski mengalami berbagai perubahan, punya porsi yang cukup untuk sesi pembinaan pribadi dan komunitas serta hiburan.

Sesuai tema LLD 2 2014 "Empowering Volunteers, Connecting Opportunities", empowering volunteers sudah dapat porsi besar dengan sesi  workshop oleh 3 Pijar. Wawasan besar tentang pergerakan massa juga didapat dari mas Robby Muhammad. Namun menurut saya bagian Connecting Opportunities belum tergarap baik.

Untuk bisa mencapai situasi "connecting opportunities", perlu perkenalan antar peserta hingga mengetahui kegiatan/pekerjaan/profesi yang bersangkutan. Sesi perkenalan ini hanya dilakukan di awal dan di sela-sela kegiatan seperti coffee break dll. Tidak dibentuk format acara khusus. Peserta seolah diminta untuk melakukan inisiatif sendiri menciptakan kemungkinan kolaborasi antar peserta.

Rasanya bisa lebih baik lagi jika dibuatkan mekanisme/acara agar peserta "dipaksa" untuk mengenal satu sama lain. Misal seperti masa ospek yang harus mencari teman-teman, mengisi sejumlah database dan tanda tangan sebagai bukti.

Pasti ada cara terbaik untuk mengetahui kapasitas masing-masing peserta lain agar misi "connecting opportunities" ini bisa lebih optimal hanya dengan waktu singkat. Misal, saya yang punya ketertarikan dunia tulis menulis, komedi yang mengasuh akun @liputan9 membutuhkan rekan yang mengerti ilmu komunikasi, dunia internet dan agensi digital untuk berkolaborasi. Namun saat ini usai LLD saya tidak tahu banyak siapa-siapa saja peserta LLD yang berpotensi untuk tempat saya bertanya dan belajar.

Akan selalu ada kegugupan di awal. Pasti ada orang yang malu-malu, butuh waktu lebih untuk mengenal orang lain sedangkan sebagian lain menkmati menjadi pusat perhatian. Cepat dikenal dan mengenal. 3 hari untuk saling berkenalan dengan ratusan peserta di sela-sela acara yang padat, memang butuh usaha ekstra.

Terima kasih untuk semua pihak yang berjasa mewujudkan LLD dan semua peserta yang mau meluangkan waktunya untuk jauh-jauh datang ke Salatiga. Situasi LLD terasa positif dan energi cerianya menular gila-gilaan, terlebih sesi singkat foto-foto bebas sebelum pulang yang terjadi dengan sendirinya. Selalu menyenangkan memiliki teman-teman baru, keluarga baru. Memang benar jargon Akber, berbagi bikin happy.

Penulis:

Rahmat Saputra

Baca Juga:

Kopeng, Menikmati Keelokan Alam di Lereng Merbabu

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini